Tak Ingin Menunda, Pemkab Karanganyar Kirim Air Bersih, Warga Dusun Ngrawan Krisis Air Bersih

Warga Dukuh Dukuh Dusun Ngrawan, Desa Krendowahono Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar mulai kesulitan air bersih.

Tak Ingin Menunda, Pemkab Karanganyar Kirim Air Bersih, Warga Dusun Ngrawan Krisis Air Bersih
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Tangki BPBD Kabupaten Karanganyar mengirimkan suplai air bersih ke Dukuh Dukuh Dusun Ngrawan Desa Krendowahono Gondangrejo Karanganyar yang mulai krisis air bersih, Jumat (2/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Warga Dukuh Dukuh Dusun Ngrawan, Desa Krendowahono Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar mulai kesulitan air bersih.

Pemkab Karanganyar pun mengirimkan 2 tangki air bersih, Jumat (2/8/2019).

Sebanyak 2 tangki tersebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar dan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu Karanganyar.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko mengatakan, tangki air bersih ini merupakan kiriman yang pertama.

"Selanjutnya, nanti kami kirim lagi sesuai kebutuhan warga. Hari ini satu tangki dari BPBD dan 1 tangki dari PUDAM. Totalnya 10 ribu liter. Masing-masing 5 ribu liter," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (2/8/2019).

Bambang mengungkapkan, untuk sampai saat ini baru Desa Krendowahono yang mengajukan suplai air bersih.

Pihaknya mempersilakan bagi warga Karanganyar yang membutuhkan pasokan air bersih.

Perlu diketahui sebelumnya, warga sekitar Dukuh Dukuh mengalami kesulitan air bersih lantaran bantuan Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dibangun pada 2004 mengalami kerusakan sejak setahun lalu.

Saat ditemui Tribunjateng.com di Kantor Desa Krendowahono, Bayan Ngrawan, Wahyudi menyampaikan, Pamsimas tersebut menyuplai kebutuhan air di wilayah RW 1 Dukuh Dukuh, tepatnya RT 1, 2, 6, dan 7.

"Sebenarnya tidak kekeringan total. Pamsimas rusak dan belum bisa diperbaiki. Sumur dalamnya tertutup lumpur atau bagaimana, belum tahu. Ini sudah berjalan satu tahun," katanya.

Adapun untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari, warga memanfaatkan rembesan air aliran Sungai Cemara yang didapatkan dari lubang galian di tepi sungai dan Sendang Mas Dukuh Grenjeng Desa Dayu. (Agus Iswadi)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved