Tiga Mall Pelayanan Publik Akan Diresmikan di Jateng, Ini Jenis Pelayanan yang Ada di Dalamnya

Jawa Tengah akan segera meresmikan tiga mall pelayanan publik di beberapa daerah. Sebelumnya, bangunan tersebut sudah ada di Banyumas.

Tiga Mall Pelayanan Publik Akan Diresmikan di Jateng, Ini Jenis Pelayanan yang Ada di Dalamnya
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
Plt Kepala DPMPTSP Jateng, Didik Subiyantoro (kiri) bersama Kabid Pengolahan Data dan Informasi Sucipto (tengah) saat ditemui di kantor mereka Jalan Mgr Soegijoprantor Semarang, Kamis (1/8). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jawa Tengah akan segera meresmikan tiga mall pelayanan publik di beberapa daerah. Sebelumnya, bangunan tersebut sudah ada di Banyumas.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng, Didik Subiyantoro menjelaskan tahun ini yang akan diresmikan di Kabupaten Kendal, Batang, dan Kebumen.

"Bapak gubernur memang meminta kami itu mempercepat pembuatan mall pelayanan publik (MPP) tetsebut. Beliau meminta setidaknya dalam lima tahun kedepan setiap kabupaten atau kota sudah punya satu," terang Didik saat ditemui di kantornya Kamis (1/8/2019).

Tahun depan, ia menyampaikan daerah yang akan meresmikan MPP juga sudah diproyeksikan yakni Kabupaten Sragen, Kota Magelang, dan Kabupaten Pemalang.

"Kota Semarang justru belum karena sepertinya di sini punya konsep yang berbeda dengan mall pelayanan publik. Jadi kami justru belum memproyeksikan Kota Semarang," bebernya lebih lanjut

Seperti yang sudah terbangun di Banyumas, Kepala Bidang Pengolahan Data dan Informasi DPMPTSP Sucipto menambahkan di dalam MPP akan ada pelayanan seluruh perizinan.

"Izin usaha perdagangan, konstruksi, izin kendaraan sewa khusus, semuanya bisa dilayani di mall jadi bukan kita sekadar belanja saja," imbuh Sucipto.

Selain segala bentuk izin usaha, ia menyebutkan bahwa permohonan pembuatan SIM, KTP, KK, passpor juga dilayani dalam sebuah gerai di mall tersebut.

"Layanan perbankan juga kami sediakan, kami juga berikan tempat berbagai bank untuk memberikan pelayanan di MPP yang sudah ada di Banyumas, daerah-daerah lain kami harap serupa," terangnya.

Dengan adanya MPP ia berharap pelayanan izin usaha bisa berada dalam satu tempat dan bisa dilengkapi seperti layaknya berbelanja di mall.

"Tujuannya tentu agar ada percepatan investasi masuk di setipa kabupaten kota jika pelayanan perizinannya semakin cepat dan nyaman," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved