Tradisi Turun-temurun, Warga Kampung Kroyo Sragen Gelar Bersih Desa

Ratusan warga Kampung Ngablak, Desa Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, selenggarakan bersih desa.

Tradisi Turun-temurun, Warga Kampung Kroyo Sragen Gelar Bersih Desa
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI
Penampilan Reog oleh Paguyuban Reog Turonggo Sakti dari Kampung Kroyo, Kecamatan Karangmalang di Lapangan SD SBI Kroyo, Jumat (2/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Ratusan warga Kampung Ngablak, Desa Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, selenggarakan bersih desa.

Tradisi yang berjalan puluhan tahun lalu ini selalu menjadi perhatian warga khususnya kampung setempat.

Sesepuh Kampung Kroyo Simbah Sugi Harjo Sugito mengatakan tradisi ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah berjalan kurang lebih 60 tahun.

"Kami warga Ngablak secara rutin melakukan tradisi ini, diadakan setahun sekali pada Jumat Wage di bulan Agustus," terangnya, Jumat (2/8/2019).

Pada pagi harinya telah dilakukan ziarah bersama di makam yang berada di Kampung Kroyo, siangnya dilanjutkan dengan pentas reog dari paguyuban turonggo sakti.

Reog Turonggo Sakti sendiri ialah paguyuban reog yang berada di Kampung Kroyo. Reog diarak keliling kampung dengan diikuti warga.

Pentas reog sempat menghentikan lalulintas di Jalan Raya Sragen-Batu Jamus dan dialihkan ke jalan kampung karena reog sempat beratraksi di jalan tersebut.

Setelah diarak berkeliling kampung, pertunjukan reog berakhir di Lapangan SD SBI Kroyo. Disana, antusias warga semakin banyak, terlihat beberapa orang tua menggendong anaknya agar sang anak dapat melihat.

Reog yang dimulai sejak pukul 14.00 ini menampilkan beberapa atraksi diantaranya, ganongan, jaran kepang, dan dadak merak.

"Sebenarnya kita bersama-sama merayakan panen raya, bersih kampung, kampung jadi tambah sejahtera, gemah ripah loh jinawi (tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya)," lanjut dia.

Dirinya menyampaikan penampilan reog ini juga merupakan caranya untuk nguri-nguri kabudayan jawi. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved