Warga Terpaksa Gunakan Rembesan Air Sungai, Dampak Sumur Pamsimas Rusak Sejak Setahun Lalu

Warga Dusun Ngrawan, Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar memanfaatkan rembesan air sungai dan sendang.

Warga Terpaksa Gunakan Rembesan Air Sungai, Dampak Sumur Pamsimas Rusak Sejak Setahun Lalu
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Warga Dusun Ngrawan saat mengambil air rembesan dari galian di tepi Sungai Cemara Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Mengalami kesulitan air bersih, warga Dusun Ngrawan, Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar memanfaatkan rembesan air sungai dan air sendang untuk kebutuhan sehari-hari.

Itu dilakukan lantaran bantuan Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dibangun pada 2004 mengalami kerusakan sejak setahun lalu.

Saat ditemui di Kantor Desa Krendowahono, Bayan Ngrawan, Wahyudi menyampaikan, Pamsimas tersebut menyuplai kebutuhan air di wilayah RW 1 Dukuh Dukuh, tepatnya RT 1, 2, 6, dan 7.

"Sebenarnya tidak kekeringan total. Pamsimas rusak dan belum bisa diperbaiki. Sumur dalamnya tertutup lumpur atau bagaimana, belum tahu. Sudah setahun ini," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (2/8/2019).

Wahyudi mengatakan, kekeringan terparah terjadi di wilayah RT 6.

Di RT tersebut terdapat 34 Kepala Keluarga (KK) serta di dalamnya dihuni sekitar 110 jiwa.

"Bantuan Pamsimas pada 2004 lalu letaknya berada di dataran tinggi, mungkin habis di RT 1. Karena letaknya dekat RT 1. Sehingga suplai dari Pamsimas tidak dapat menjangkau RT 6," terangnya.

Dari informasi yang Tribunjateng.com himpun, di RT 2 ada sekitar 30 KK, RT 6 ada sekitar 34 KK, dan RT 7 ada 40 KK.

Sementara itu, Kades Krendowahono, Syarif Hidayat mengungkapkan, untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari, warga memanfaatkan rembesan air aliran sungai cemara yang didapatkan dari lubang galian di tepi sungai dan sendang mas di Dukuh Grenjeng Desa Dayu.

"Untuk MCK dari Sungai Cemara, karena airnya tidak layak konsumsi. Sedangkan untuk minum, ambilnya di Sendang Mas (sumber mata air Desa Dayu)," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved