Kala Jepara Jadi Jujukan Investor

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng mencatatkan capaian investasi hingga semester I/2019 senilai Rp 36,16 triliun.

Kala Jepara Jadi Jujukan Investor
tribunjateng/dok
FOTO DOKUMEN Dubes Inggris coba ukir di Jepara 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng mencatatkan capaian investasi hingga semester I/2019 senilai Rp 36,16 triliun.

Plt Kepala DPMPTSP Jateng, Didik Subiyantoro mengatakan, jumlah itu tercatat sebesar 76 persen dari target yang dipatok tahun ini mencapai Rp 47,42 triliun.

Capaian pada semester I/2019 itu juga tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar sebesar Rp 27,62 triliun.

Dari capaian itu, menurut dia, investor asing atau penanaman modal asing (PMA) menyumbang nilai investasi yang lebih tinggi daripada penanam modal dalam negeri (PMDN), yaitu Rp 22,64 triliun.

"Jepara masih menjadi primadona bagi investor asing. Dari total investasi yang dikucurkan itu, sebesar 53 persen berada di Kabupaten Jepara," katanya, Kamis (1/8).
Didik membeberkan, sektor yang paling banyak digeluti para penanam modal dari luar negeri adalah bidang listrik, gas, dan air. Disusul industri kendaraan bermotor dan alat transportasi.

"Tekstil kini sudah tidak menjadi primadona, sektor itu berada di urutan lima besar, baik oleh investor asing maupun dalam negeri," tuturntya.

Dari sisi kewarganegaraan, investor dari Jepang mendominasi di Jateng. Sebesar 90 persen dari penanam modal asing berasal dari Negeri Sakura. Korsel berada di urutan kedua dengan 3 persen, sementara China sebesar 2 persen.
MPP

Untuk terus memacu masuknya investasi, sebanyak tiga mal pelayanan publik (MPP) akan segera diresmikan di Jateng. Sebelumnya, pelayanan itu sudah ada di Banyumas.
Didik menuturkan, MPP yang akan diresmikan pada tahun ini berada di Kabupaten Kendal, Batang, dan Kebumen.

"Bapak gubernur meminta kami mempercepat pembuatan MPP itu. Beliau meminta setidaknya dalam lima tahun ke depan setiap kabupaten/kota sudah punya satu," paparnya.

Tahun depan, Didik mengungkapkan, daerah yang akan meresmikan MPP juga sudah diproyeksikan, yakni Kabupaten Sragen, Kota Magelang, dan Kabupaten Pemalang.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved