Muncul Gelombang Setinggi 5 Meter, Pencarian Korban KM Pieces Dihentikan Sementara

Basarnas menghentikan sementara pencarian korban KM Pieces yang tenggelam di Perairan Tanjung Selatan, Kalimantan Selatan, akibat gelombang 5 meter

Muncul Gelombang Setinggi 5 Meter, Pencarian Korban KM Pieces Dihentikan Sementara
Humas SAR Banjarmasin
Personel Tim SAR Semenatar Melakukan Pencarian di Lokasi Tenggelamnya KM Pieces, Jumat (2/7/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARMASIN - Basarnas menghentikan sementara pencarian korban KM Pieces yang tenggelam di Perairan Tanjung Selatan, Kalimantan Selatan, akibat gelombang setinggi 5 meter.

Kepala Pelaksana Harian Basarnas Banjarmasin, Endrow mengatakan, saat ini seluruh kapal yang melakukan pencarian masih bertahan di lokasi, namun memposisikan diri ke perairan dangkal.

"Kita hentikan sementara, sambil menunggu cuaca membaik," ujar Endrow dalam keterangan persnya di kantor Basarnas Banjarmasin, Sabtu (3/8/2019) siang.

Keterangan yang diperoleh dari personelnya di lokasi, angin bertiup cukup kencang sehingga memicu tinggi gelombang yang bisa mencapai 5 meter.

Kencangnya tiupan dan gelombang yang tinggi dirasa cukup mengganggu personel sehingga proses pencarian tidak maksimal.

Sambil menunggu cuaca membaik, personel, menurutnya, saat ini fokus pada pencarian di Pesisir Pantai Pulau Kalimantan bagian selatan, serta pulau-pulau lainnya.

"Memang cuaca yang lumayan berat bagi tim pencari, yaitu angin berkisar 40 knot kemudian gelombang mencapai 4 sampai 5 meter," ujarnya lagi.

Namun, lanjut Endrow, 4 kapal yang dikerahkan tetap akan melanjutkan pencarian jika cuaca sudah membaik.

Sebelumnya diberitakan, KM Pieces yang bertolak dari Pekalongan menuju Selat Makassar untuk mencari ikan, tenggelam di perairan Tanjung Selatan, Kalsel.

Kapal baru diketahui tenggelam tiga hari kemudian karena alat pemancar sinyal bahaya yang berada di dalam kapal diduga rusak.

Kejadian ini menyebabkan 4 orang tewas dan 3 selamat, sementara 30 penumpang lainnya dinyatakan hilang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tinggi Gelombang 5 Meter, Pencarian Korban KM Pieces Sementara Dihentikan"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved