Peserta JKN di Kota Pekalongan Capai 79,2 Persen

Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Pekalongan mencapai 246.675 jiwa.

Peserta JKN di Kota Pekalongan Capai 79,2 Persen
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Pelayanan kesehatan yang dibuka di Kantor BPJS Kesehatan Kota Pekalongan, dalam rangka menyambut HUT BPJS Kesehatan ke-51, Sabtu (4/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Pekalongan mencapai 246.675 jiwa.

Jika di prosentase dari total jumlah warga Kota Pekalongan, peserta JKN pada 2019, mencapai 79,2 persen.

Jumlah tersebut dinyatakan BPJS Kesehatan sebuah capaian baik, yang harus ditingkatkan mengingat pentingnya manfaat JKN.

Kepala BPJS Cabang Pekalongan, Dody Pamungkas, menjelaskan, masyarakat Kota Pekalongan semakin paham manfaat mengikuti JKN.

“Adanya aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN di telepon genggam, turut menambah jumlah peserta JKN yang kini mencapai 79 persen lebih,” paparnya, Sabtu (4/8/2019).

Selain jumlah peserta JKN di Kota Pekalongan, Dody juga menuturkan jumlah tunggakan yang belum dibayar oleh masyarakat.

“Tunggakan yang belum dibayar di Kantor BPJS Cabang Pekalongan mencapai Rp 50,6 miliar. Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat selalu membayar iuran sebelum batas waktu yang ditentukan,” jelasnya.

Adapun, Wali Kota Pekalongan, Saelany Mahfudz, menerangkan, JKN merupakan satu program pemerintah yang sifatnya wajib bagi semua warga negara.

“Iuran yang dibayar setiap bulan bisa digunakan oleh orang lain yang membutuhkan biaya perawatan saat sakit. Karena pentingnya manfaat JKN, saya berharap masyarak sadar untuk membayar tepat waktu,” tambahnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved