Pembangunan Lapas Pekalongan di Kajen Akan Dimulai Awal 2020

Awal tahun 2020 pembangunan Lapas Pekalongan di Kajen mulai dibangun. Untuk relokasi Lapas Pekalongan, Pemkab Pekalongan sediakan lahan seluas 10 hekt

Pembangunan Lapas Pekalongan di Kajen Akan Dimulai Awal 2020
ISTIMEWA
Bupati Asip Kholbihi usai menggelar audiensi bersama pejabat Lapas II A Pekalongan di ruang kerja Bupati, Jumat (2/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Awal tahun 2020, pembangunan Lapas Pekalongan di Kajen dimulai.

Untuk relokasi Lapas Pekalongan, Pemkab Pekalongan sediakan lahan seluas 10 hektar di Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan maksud dan tujuan pemindahan lapas sendiri yang pertama karena warga binaan lapas Pekalongan kebanyakan dari orang Kabupaten Pekalongan.

"Karena kebanyakan warga binaanya adalah warga Kabupaten Pekalongan, makanya kita pindah ke Kabupaten Pekalongan saja agar tidak repot jika ada keluarga yang ingin berkunjung. Jika masih di Kota Pekalongan, warga Kabupaten Pekalongan akan mengeluarkan banyak biaya (High Cost) jika ingin berkunjung," ujar Bupati Asip Kholbihi usai menggelar audiensi bersama pejabat Lapas II A Pekalongan di ruang kerja Bupati, Jumat (2/8/2019).

Menurut Bupati layaknya sebuah kabupaten, sarana publik juga harus disiapkan, salah satunya lapas.

Dikatakan, Di Kabupaten Pekalongan yang belum ada itu Pengadilan Negeri (PN) dan ini juga akan dikaji juga supaya ada di Kajen.

Sedangkan untuk Kejaksaan dan Polres sudah ada, dan tidak menutup kemungkinan untuk Kodim di daerah Kajen juga akan direncanakan.

Hal itu diperlukan dalam rangka melengkapi sarana untuk kepentingan masyarakat.

"Prinsipnya Pemkab Pekalongan sudah siap, tinggal nanti MoU dengan Kemenkumham yang rencananya nanti pada 22 Agustus 2019 mendatang," terangnya.

Terpisah Kalapas Kelas IIA Pekalongan Agus Heryanto mengatakan pihaknya datang ke Pemkab Pekalongan guna memastikan bahwa lapas mendapat percepatan pembangunan dalam 3 tahapan.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved