Raih Predikat KLA Pratama, Batang Jadi Kabupaten Pembinaan Forum Anak Terbaik se-Indonesia

Kabupaten Batang berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Kementrian P3A.

Raih Predikat KLA Pratama, Batang Jadi Kabupaten Pembinaan Forum Anak Terbaik se-Indonesia
IST
Bupati Batang Wihaji (tengah) bersama Kepala DP3AP2KB Batang, dr Muchlasin (kiri) menunjukan piala Kabupaten Pembina Forum Anak Terbaik se-Indonesia dari Menteri P3A Yohana Yembise. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kabupaten Batang, Jawa Tengah berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A).

Tak hanya itu, Kabupaten Batang juga meraih penghargaan sebagai Kabupaten dengan Pembinaan Forum Anak Terbaik se-Indonesia.

Dua penghargaan yang membanggakan tersebut diberikan langsung oleh Menteri P3A, Yohana Yembise saat peringatan Hari Anak Nasional di Makassar beberapa waktu yang lalu.

Nelayan Sesalkan Lambannya Tim Penyelamat Mengevakuasi Korban KM Pieces yang Tenggelam

"Alhamdulillah akhirnya Batang berhasil mendapatkan predikat KLA tingkat Pratama dan yang membanggakan pembinaan Forum Anak di Batang juga dinilai sebagai pembinaan tingkat kabupaten terbaik se-Indonesia, bersama Kabupaten Lebak dan juga Kota Denpasar," tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang, dr Muchlasin, Minggu (4/8/2019).

Muchlasin menjelaskan untuk predikat KLA ini Batang berhasil menjadi 32 kabupaten kota di Jateng yang lolos administrasi dan verifikasi tahun 2019 ini.

Sementara di Jawa Tengah sendiri masih ada tiga kabupaten kota yang belum mendapatkan predikat layak anak.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Meski belum bisa mendapatkan tingkat madya namun kami sangat bersyukur Batang akhirnya diakui sebagai Kabupaten Layak Anak," ujarnya.

Penyebab Aliran Listrik Mati se-Jawa, PLN: Ada Gangguan di Transmisi Ungaran dan Pemalang

Menurutnya, dari berbagai bidang pihaknya sudah mempraktikkan komponen KLA hanya saja sebagai pelengkap memang harus disertakan legal form yang dibeberapa aspek kami belum memiliki, karena terbentur anggaran pula.

"Sehingga tahun ini masih mendapatkan predikat pratama," imbuhnya.

Dikatakannya, DP3AP2KB Batang juga mengapresiasi pembinaan forum anak di Batang yang dilakukan oleh Forum Anak Batang (FANTA).

Pembinaan yang sudah dilakukan hingga tingkat desa dan sekolah ini pun mendapat apresiasi oleh Kementerian P3A dan menjadi tiga kabupaten kota terbaik se-Indonesia tahun 2019.

"Untuk pembinaan yang dilakukan FANTA ini kami memang mengapresiasi dengan baik dan setelah mengirimkan dokumen pendukung ke kementerian, ternyata mendapatkan respon positif di tingkat nasional karena memang pembinaan yang mereka lakukan benar-benar rill dan dijalankan dengan baik," terangnya.

Dia berharap dengan dua perolehan yang membanggakan ity pihaknya semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas KLA dan dapat meraih predikat yang lebih tinggi.

"Penghargaan ini merupakan awal dari perjuangan bagi pemangku kepentingan untuk lebih memperhatikan hak anak. Karena anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi dari hal-hal negatif," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved