Gati Sebut Material Center bakal Gandeng 12 IKM Khusus Logam di Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal bersama Kementerian Perindustrian meresmikan Material Center yang akan beroperasi di LIK, Kelurahan Dampyak

Gati Sebut Material Center bakal Gandeng 12 IKM Khusus Logam di Kabupaten Tegal
Akhtur Gumilang
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih (Ungu) bersama Bupati Tegal, Umi Azizah meninjau lokasi Material Center di LIK, Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Senin (5/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kabupaten Tegal bersama Kementerian Perindustrian meresmikan Material Center yang akan beroperasi di Lingkungan Industri Kecil (LIK), Kelurahan Dampyak, Kabupaten Tegal, Senin (5/8/2019).

Material Center diresmikan Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementrian Perindustrian.

Sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) logam di Kabupaten Tegal akan tergabung dalam Material Center.

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih menuturkan, Material Center nantinya akan menggandeng 12 IKM khusus logam di Kabupaten Tegal.

"Sehingga, 'Tegal, Jepangnya Indonesia' tidak hanya sebatas semboyan saja, tapi lebih dari itu."

"Pihak kami menunjuk dua wilayah untuk pengembangan Material Center."

"Satu di antaranya di sini karena memang potensinya cukup bagus dikembangkan untuk komponen otomotif," kata Gati kepada Tribunjateng.com, usai peresmian.

Menurut Gati, kapasitas Material Center yang menggunakan anggaran negara sebesar Rp 5,7 miliar itu akan menyediakan delapan line untuk diisi para IKM.

Kemudian, hasil produksinya nanti akan dikirimkan untuk memenuhi kebutuhan komponen otomotif perusahaan bertaraf nasional.

"Kita buka link and match, sehingga perusahaan besar membuka pintu untuk menerima hasil-hasil produksi lokal dari Kabupaten Tegal," jelasnya.

Sementara, Bupati Tegal, Umi Azizah yang ikut meresmikan Material Center itu sangat menyambut baik adanya program tersebut.

Nantinya, kata Umi, diharapkan dengan adanya Material Center ini bisa mengurangi angka pengangguran yang kini menjadi salah satu problem genting di Kabupaten Tegal.

"Kita target tahun ini harus selesai pembangunannya. Harapannya, nanti bisa mengurangi angka pengangguran di sini," ujar Umi.

Dia berharap, dengan hadirnya Material Center ini bisa memberikan kesempatan kepada IKM lain untuk berkembang lebih besar lagi.

"Sebab, semuanya sudah difasilitasi, dari pasokan hingga pemasarannya. Dari Material Center ini, IKM-IKM Tegal akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan besar, utamanya yang bergerak di bidang otomotif," papar Umi. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved