KPU Salatiga Gelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

Guna perbaikan penyelenggaran Pemilu pada tahun mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga melangsungkan rapat evaluasi

KPU Salatiga Gelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
KPU Kota Salatiga menggelar rapat evaluasi fasilitasi kampanye pemilu 2019 di Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Guna perbaikan penyelenggaran pemilihan umum (Pemilu) pada tahun mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga melangsungkan rapat evaluasi khususnya menyangkut fasilitasi kampanye baik bagi anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab mengatakan pada forum fasilitasi kali ini diharapkan muncul gagasan serta masukan untuk penyelenggaran pemilu yang lebih baik pada masa mendatang.

"Jadi KPU pada Pemilu 2019 kemarin kami memfasilitasi kampanye diantaranya pemasangan alat peraga, iklan di media termasuk debat. Nah, pembuatan baliho serta umbul-umbul ini hari ini kita semua evaluasi, mana yang perlu ditingkatkan dan tidaknya," terangnya kepada Tribunjateng.com, di Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Selasa (6/8/2019)

Menurut Syaemuri, rapat evaluasi kali ini meliputi proses seluruh tahapan kampanye sejak awal kemudian pula beberapa catatan fasilitasi terhadap partai politik yang tidak mentaati ketentuan.

Ia menambahkan, fasilitasi kampanye tidak sepenuhnya tanggungjawab KPU karena ada wilayah-wilayah khusus menjadi tanggungjawab pemerintah misalnya lokasi pemasangan.

"Lalu, pengawasan pada ranah Bawaslu. Jadi KPU disini pada rapat evaluasi kali ini ingin mencari format terbaik dan ideal berkaca pada pelaksanaan Pemilu kemarin," katanya

Dikatakannya, dalam evaluasi fasilitasi kampanye saat ini turut melibatkan perwakilan partai politik, penyelenggara pemilu, pengamat, akademisi, LSM, para kandidat, dan media massa. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved