Siasati Moratorium Penyelenggara Haji Amphuri Jateng Gelar AITE

Moratorium penerbitan izin baru biro umrah dan haji diyakini membuat pertumbuhan bisnis perjalanan ibadah stagnan.

Siasati Moratorium Penyelenggara Haji Amphuri Jateng Gelar AITE
Tribun Jateng/Rival Almanaf
Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Indonesia (Amphuri) Jateng, Endro Dwi Cahyono (tengah) berbicara dalam tehnikal meeting AITE di Hotel Grasia, Selasa (6/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Moratorium penerbitan izin baru biro umrah dan haji diyakini membuat pertumbuhan bisnis perjalanan ibadah stagnan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Indonesia (Amphuri) Jateng, Endro Dwi Cahyono.

Ditemui di Hotel Grasia, Selasa (6/8/2018) Endro menjelaskan meski stagnan namun menurutnya hal itu adalah bagian dari proses untuk memberikan layanan yang lebih baik.

"Moratorium itu kan respon pemerintah atas musibah yang terjadi karena oknum yang menyalahgunakan dan menggunakan dana calon jamaah untuk kepentingan lain."

"Ini bagus juga untuk pembenahan," terang Endro.

Ia menyebut saat ini Amphuri sebagai asosiasi akan membina dan membantu mensosialisasikan aturan Kemenag supaya dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh travel umroh dan haji sehingga tidak ada lagi yang dirugikan.

Disamping itu, untuk tetap bisa memberikan pertumbuhan kepada setiap anggotanya ditengah kondisi stagnan ia juga rutin menggelar Amphuri Islamic Travel Expo (AITE) di Mall Paragon, 16 hingga 18 Agustus mendatang.

Ketua panitia AITE, Abdullah Munawar menjelaskan nantinya akan ada 45 tenant dalam expo yang digelar di Mal Paragon tersebut.

Selain travel haji dan umrah ia juga mengundang para penyedia jasa pelayanan haji yang lain mulai dari pakaian haji, perlengkapan travel, perbankan, hingga klinik kesehatan haji.

"AITE ini merupakan tahun ke tiga yang digelar di Jateng, tahun lalu selama tiga hari pameran kami mendapati transaksi hingga Rp 6 miliar rupiah."

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved