3 Investor Masuk, Kawasan Industri di Jateng Makin Diminati Investor

Kawasan Industri (KI) di Jateng terus diserbu investor. Bahkan, sejumlah rencana pengembangan KI di sejumlah daerah

3 Investor Masuk, Kawasan Industri di Jateng Makin Diminati Investor
TRIBUN JATENG/RAKA F PUJANGGA
Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Kawasan Industri (KI) di Jateng terus diserbu investor. Bahkan, sejumlah rencana pengembangan KI di sejumlah daerah di provinsi ini juga sudah dinanti calon investor.

Di KI Wijayakusuma (KIW) Semarang misalnya. Banyaknya sarana dan prasarana serta fasilitas yang disiapkan mulai regulasi hingga rasa nyaman membuat investor terus berdatangan.

"Pada awal tahun memang terkendala adanya pemilu, banyak investor yang menunggu waktu tepat untuk berinvestasi. Namun, begitu pemilu usai, langsung ada tiga investor yang masuk," kata Direktur Utama PT KIW, Rachmadi Nugroho, Selasa (7/8).

Menurut dia, ketiga investor itu seluruhnya merupakan investor lokal atau penanaman modal dalam negeri (PMDN), di antaranya bergerak di bidang pengolahan makanan.

Selain tiga PMDN, dia menambahkan, dalam tahun ini juga telah diresmikan dua bangunan pabrik yang merupakan PMA (penanaman modal asing), yakni PT Cipta Mortar Utama (asal Perancis) yang memroduksi semen instan siap pakai (pabrik kelima di Indonesia), dan perusahaan PT Kingda Marine Technical Indonesia (industri jala ikan perusahaan dari Taiwan).

Rachmadi menuturkan, ketertarikan investor terhadap KIW di antaranya karena lokasi KIW yang strategis, harga tanah yang kompetitif, sarana-prasarana yang memadai, dan lingkungan KIW yang terus dipercantik.

"Target 2019 bisa mencapai 8 hektare tanah yang dijual. Pada semester pertama baru tercapai 40 persen, sehingga di semester kedua diharapkan bisa terkejar," ucapnya.

Terkait dengan bangunan pabrik siap pakai (BPSP), Rachmadi menyatakan, KIW pada Rabu (21/8) akan meresmikan BPSP kesembilan dengan luasan 10.050 meter persegi.

Director of Operations PT KIW, Ahmad Fauzie Nur mengungkapkan, setiap tahun KIW menargetkan bisa membangun satu BPSP.

"BPSP ke-10 akan dibangun tahun ini, sekitar kuartal ketiga 2019. Demand BPSP tinggi, jadi kami menargetkan setiap tahun ada penambahan," paparnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved