Bupati Tegal: Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Kebencanaan

Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat bisa dimanfaatkan dan dialokasikan untuk anggaran kebencanaan.

Bupati Tegal: Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Kebencanaan
TRIBUNJATENG/Akhtur Gumilang
Bupati Tegal Umi Azizah memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Dukuh Kemiri, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Rabu (7/8/2019) sore kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah Pusat bisa dimanfaatkan dan dialokasikan untuk anggaran kebencanaan.

Hal tersebut diucapkan Bupati Tegal, Umi Azizah saat memberikan bantuan kepada korban kebakaran, di Dukuh Kemiri, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Rabu (7/8/2019) sore kemarin.

"Karena dana desa cukup besar apalagi sudah dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup bahwa dana desa bisa dialokasikan untuk kebencanaan," tutur Umi.

Maka, lanjut Umi, Pemerintah Desa dapat turun tangan langsung membantu warga yang terkena musibah, baik musibah kebakaran, longsor, maupun kekeringan air.

"Karena kita tidak tahu musibah itu akan datang. Pemdes harus tanggap jangan hanya menunggu bantuan dari Pemkab, meskipun Pemkab juga tetap hadir dan turun tangan membantu. Namun alangkah baiknya jika saling melengkapi," ucapnya.

Didampingi Wakil Ketua IV BAZNAS Kabupaten Tegal Syafiq Zuhri, Umi memberikan bantuan dana sebesar Rp 5 juta kepada Kamilah seorang janda, yang merupakan korban rumah kebakaran.

Kamilah menuturkan kebakaran terjadi pada hari Kamis pagi tanggal 1 Agustus 2019 lalu.

"Waktu itu saya sedang pergi, rumah keadaan terkunci dan kosong. Tiba-tiba saja rumah saya terbakar. Terimakasih kepada Pemkab, masyarakat semuanya yang telah membantu saya," pungkas Kamilah.

Selain menyambangi kediaman Kamilah, Pemkab Tegal juga memberikan bantuan yang sama kepada Tahar warga Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng yang terkena musibah kebakaran.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved