Dinas Pendidikan Kota Semarang Evaluasi PPDB 2019, Rencana Tak Ada Lagi Pendaftaran Offline

Dinas Pendidikan Kota Semarang mengevaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019.

Dinas Pendidikan Kota Semarang Evaluasi PPDB 2019, Rencana Tak Ada Lagi Pendaftaran Offline
Tribunjateng.com/Moch Saifudin
Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah melakukan pantauan terkait sistem zonasi dalam PPDB SMP di SMPN 37 Semarang, Sabtu (15/6/2019). Sabarudin Hulu mengenakan batik coklat dan memakai kacamata. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan Kota Semarang mengevaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019.

Hal tersebut agar pelaksanaan penerimaan siswa baru di tahun depan, khususnya di tingkat SD dan SMP menjadi lebih optimal.

Kepala Disdik Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengungkapkan pelaksanaan evaluasi dikebut sejak dini, berkaca pada pelaksanaan PPDB tingkat SD dan SMP di Semarang.

"Evaluasi tentu ada. Meski pada PPDB di tingkat SD dan SMP di Semarang sudah berjalan cukup baik," katanya saat ditemui Tribun Jateng, Kamis (8/8/2019).

Evaluasi yang dilakukan, menurut Gunawan, di antaranya pada sisi daya tampung, integrasi sistem dengan Dispendukcapil, dan penyempurnaan sistem online.

Namun ia menuturkan, evaluasi yang termasuk urgent ialah daya tampung.

Seperti diketahui di PPDB tingkat SD di Kota Semarang tahun ini, masih ada beberapa sekolah yang kekurangan murid.

Hal tersebut membuat Disdik Kota Semarang kemudian harus membuat sistem penerimaan siswa baru secara offline, guna mengejar kuota di beberapa sekolah tersebut terpenuhi.

"Intinya pada masalah daya tampung tersebut," paparnya.

Menurutnya meski penerapan penerimaan siswa baru secara offline membantu memenuhi kuota beberapa sekolah yang sebelumnya kekurangan siswa, seharusnya penerimaan secara offline tidak dilakukan.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved