Gandeng PHRI, PGN Ingin Lebih Banyak Salurkan Gas ke Hotel dan Restoran

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani kerjasama pemanfaatan gas bumi.

Gandeng PHRI, PGN Ingin Lebih Banyak Salurkan Gas ke Hotel dan Restoran
ISTIMEWA
Pejabat dari PGN dan PHRI menunjukkan kesepakatan kerjasama di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (7/8/2019) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani kerjasama pemanfaatan gas bumi.

Kesepakatan itu dilakukan oleh Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Dalam keterangan tertulis yang dikirim ke Tribun Jateng, Kamis (8/8/2019) Syahrial Mukhtar mengatakan sesuai kesepakatan dalam jangka waktu setahun ke depan akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi gas bumi di dalam negeri. Kami berharap kerja sama PGN dengan PHRI dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak,” ujar Syahrial.

Ia menambahkan, PGN sesungguhnya telah memasok kebutuhan gas bumi di sejumlah hotel dan restoran di berbagai wilayah.

Namun, kerjasama dengan PHRI baru sekarang dilaksanakan dan PGN berharap semakin banyak hotel dan restoran yang dapat memanfaatkan energi gas bumi yang lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

"Sebagai subholding gas, PGN akan terus mengambil inisiatif untuk memperluas pemanfaatan gas melalui pembangunan infrastruktur di berbagai segmen pasar termasuk komersial. PGN harus bisa memberikan layanan optimal untuk sektor ini. Sektor perhotelan dan restoran dapat ikut berperan memperkuat ketahanan energi melalui diversifikasi sumber energi. Kerjasama ini akan membuka peluang-peluang baru untuk pemanfaatan gas bumi domestik," tambah Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso.

Hingga periode Juni 2019, sebanyak lebih kurang 370 hotel dan restoran yang telah dilayani energi gas bumi PGN di beberapa lokasi, antara lain di Jabodetabek, Cirebon, Medan Palembang, Lampung, Surabaya, Sidoardjo dan Batam.

Di lain sisi, Ketua Umum PHRI, Hariyadi BS Sukamdani berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi setiap hotel dan restoran di Indonesia.

Melalui pemanfaatan gas bumi, selain lebih efisien, para pelaku usaha juga dapat membantu pemerintah mengurangi ketergantungan pada energi impor.

“Banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan PGN untuk layanan selain gas bumi termasuk ICT dan produk layanan lainnya. Energi menjadi concern bersama anggota PHRI. Dengan solusi moda transportasi gas bumi selain pipa, akan memudahkan anggota PHRI mengakses energi,” kata Hariyadi.

Hingga saat ini, sebanyak lebih kurang 44 ribu hotel dan restoran tergabung dalam PHRI. Dari jumlah tersebut, 29 ribu diantaranya merupakan hotel dan 15 ribu restoran.

Menurutnya, jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan pembangunan hotel dan restoran di wilayah Indonesia.

Pada tahun ini, PHRI memperkirakan tambahan kamar mencapai 50 ribu unit untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan mancanegara.(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved