Jelang Idul Adha, DKPP Kabupaten Tegal Salurkan Vitamin untuk Hewan Kurban Secara Bertahap

Pemberian vitamin kepada hewan qurban meliputi, kambing, domba, kerbau, dan sapi mulai dilaksanakan DKPP Kabupaten Tegal

Jelang Idul Adha, DKPP Kabupaten Tegal Salurkan Vitamin untuk Hewan Kurban Secara Bertahap
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
peternak dan pihak DKPP mengecek salah satu hewan qurban di Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemberian vitamin kepada hewan qurban meliputi, kambing, domba, kerbau, dan sapi mulai dilaksanakan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu, (11/8/2019).

Adapun secara bertahap para pengepul atau peternak di Kabupaten Tegal mulai didatangi petugas DKPP untuk penyaluran stimulan vitamin pada hewan qurban.

Plt Kabid Peternakan DKPP Kabupaten Tegal, Sugiyanto menyebut, pemerintah telah menyiapkan 300 vitamin untuk para peternak maupun pengepul.

"Juli 2019 lalu sudah diberikan stimulan obat cacing kepada para peternak/pengepul. Kini, pemberian vitamin dilakukan menjelang Hari Raya," ujar Sugiyanto, saat pengecekan hewan qurban di Kandang Sapi H Ali Sadikin, Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna, Kamis (8/8/2019).

Sugiyanto menuturkan, jumlah pengepul hewan qurban sapi/kerbau di Kabupaten Tegal saat ini sebanyak 40 yang terdata pihaknya.

Masing-masing dari pengepul sapi ataupun kerbau itu diketahui memiliki sekitar 30 ekor.

Kemudian untuk kambing maupun domba, kata dia, jumlah belum bisa dipastikan, mengingat banyaknya pengepul musiman jelang hari raya.

"Tahun ini, DKPP menyediakan sebanyak 1500 obat cacing dan 300 vitamin untuk hewan ternak Kerbau serta Sapi. Sedangkan untuk domba dan kambing ada 200 obat cacing serta 300 vitamin. Ini semua stimulan dari pemerintah sehingga pihak pengepul bisa menambahnya sendiri sesuai kebutuhan," papar dia.

Sementara, Peternak, Ali Sadikin mengaku merasa terbantu dengan adanya stimulan berupa obat cacing maupun vitamin dari DKPP.

Meski diberi stimulan, Ali mengaku tetap memberi asupan obat maupun vitamin secara mandiri sejak jauh-jauh hari sebelum hari raya.

"Sudah sejak 3 bulan lalu. Alhamdullillah, dari 28 sapi yang ada di kandang kita, 26 di antaranya sudah dipesan. Tahun ini ada peningkatan," jelas Ali. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved