Jelang Iduladha, Harga Hewan Kurban Melonjak

Menurut Pemantau Lalu Lintas Ternak Pasar Hewan Gulang, Bambang Slamet Rustriyanto, menjelang Iduladha pasar lebih ramai dari hari Kliwon biasanya

Jelang Iduladha, Harga Hewan Kurban Melonjak
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan tengah memeriksa hewan yang dijual di Pasar Hewan Gulang, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Menjelang hari raya Iduladha, Pasar Hewan Gulang di Kudus berjubel, Kamis (8/8/2019). Ribuan orang memadati seluas isi pasar untuk melakukan transaksi jual beli.

Pasar hewan ini adanya saat bertepatan dengan hari pasar Kliwon.

Menurut Pemantau Lalu Lintas Ternak Pasar Hewan Gulang, Bambang Slamet Rustriyanto, menjelang Iduladha pasar lebih ramai dari hari Kliwon biasanya.

“Terhitung ramai sudah tiga Kliwon ini. Kalau Kliwon biasa paling banyak sampai 125 orang yang datang untuk menjual hewan ternaknya, kalau dalam tiga Kliwon terakhir sampai 200 orang yang datang untuk menjual hewan ternaknya,” kata Bambang ditemui di pasar.

Hewan yang dijual di pasar itu meliputi kerbau, sapi, dan kambing.

Pada hari pasar Kliwon jauh dari Iduladha, pasar hanya beroperasi sampai sekitar pukul 11.00 WIB.

Namun, pada tiga Kliwon terakhir, pasar beroperasi sampai pada sekitar pukul 02.00 WIB.

“Karena saking banyaknya orang yang datang untuk menjual hewan ternak dan untuk membeli. Mereka datang dari berbagai daerah di sekitar Kudus. Ada Demak, Jepara, Pati, Grobogan,” katanya.

Selaras dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan hewan ternak untuk dijadikan kurban, maka harga di pasaran pun mengalami lonjakan. Misalnya saja, harga normal seekor sapi yang semulaRp 21 juta kini rata-rata naik menjadi Rp 22 juta.

“Sedangkan kalau harga kerbau naiknya bisa sampai Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta,” kata Suwarno, lelaki yang biasa menjual hewan ternak di pasar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved