Mahasiswa KKN UNS Gelar Penyuluhan Hidroponik

Kegiatan penyuluhan hidroponik merupakan salah satu bentuk kegiatan yang digelar oleh pihak Kecamatan Ngrampal bekerjasama dengan mahasiswa UNS.

Mahasiswa KKN UNS Gelar Penyuluhan Hidroponik
IST
Mahasiswa UNS Surakarta yang sedang menjalani KKN di Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen menggelar penyuluhan hidroponik 

TRIBUNJATENG.COM, SURAKARTA - Sebagai salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen menggelar penyuluhan hidroponik.

Kegiatan yang digelar pada Kamis (25/7/2018) tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Ngrampal bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswi UNS dalam rangka optimalisasi potensi pertanian yang ada di Desa Gabus, Desa Klandungan dan Desa Kebonromo.

Materi penyuluhan langsung disampaikan oleh salah seorang pengusaha yang terjun di bidang hidroponik, Nurcholis.

Dalam kegiatan tersebut, warga Desa Gabus, khususnya kaum ibu-ibu, diberikan sejumlah materi mengenai cara-cara pembuatan hidroponik.

Mulai dari hiroponik yang sederhana hingga pembuatan hidroponik kompleks dengan menggunakan teknologi yang tinggi.

"Kami juga mengajarkan apa itu sistem hidroponik wick system (sistem sumbu), rakit apung, dan hidroponik DFT (Deep Floating Technique)," terang Sandy Sidik salah satu tim KKN UNS.

Tidak hanya memperkenalkan teknik bercocok tanam dengan cara hidroponik, namun mahasiswa-mahasiswi UNS juga berkeinginan agar melalui penyuluhan hidroponik ini warga Desa Gabus dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha.

Sayuran yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah sayuran pakcoy, kangkung dan selada.

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen menggelar kegiatan Penyuluhan Hidroponik untuk warga desa setempat.
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen menggelar kegiatan Penyuluhan Hidroponik untuk warga desa setempat. (IST)

Ketiga sayuran tersebut dipilih sebab sayuran-sayuran tersebut dirasa cocok dan mudah untuk dimanfaatkan oleh warga desa Gabus.

Setelah kegiatan penyuluhan usai, mahasiswa-mahasiswi UNS KKN Gabus juga masih menggelar acara sharing seputar hidroponik di Balai Desa Gabus, Minggu (4/8/2019)

Dalam kesempatan itu, mahasiswa UNS, Ferdifta Wahyu Anggita dari Program Studi (Prodi) Agroteknologi, memberikan sejumlah informasi tambahan mengenai hidroponik secara lebih dalam bersama warga Desa Gabus.

Selain di desa Gabus, mahasiswa-mahasiswi UNS yang menggelar KKN di Kabupaten Sragen, juga menggelar acara penyuluhan efisiensi penggunaan pupuk di Desa Kebonromo dan pelatihan pembuatan pupuk kompos di Desa Klandungan. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved