Pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan Akuntansi

Dalam menghadapi revolusi Industri 4.0, dunia pendidikan harus mempersiapkan diri untuk dapat membekali anak didik mereka.

Pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan Akuntansi
IST
Ilustrasi Revolusi Industri 4.0 

Oleh: Maria Andriyani, SE.,MM - Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Nasional Karangturi

Tahapan Revolusi Industri

Awal tahapan Revolusi Industri 1.0 terjadi pada tahun 1760 – 1840, pada saat tenaga uap ditemukan oleh Ilmuwan James Watt pada tahun 1764.

Pada saat itu terjadi perubahan bagaimana proses manufaktur dari tenaga manusia beralih ke tenaga mesin, hingga pada tahun 1783 – Marquis de Jouffroy, menemukan mesin uap penggerak kapal.

Hal ini memberikan dampak terjadinya banyak pengangguran.

Tahapan revolusi Industri terus berlanjut, terjadi pada saat penemuan listrik pada tahun 1870, listrik dipergunakan untuk produksi masal produk serta assembly line yang meningkatkan produksi barang, pada tahap ini dikenal dengan revolusi Industri 2.0.

Maria Andriyani, SE.,MM - Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Nasional Karangturi
Maria Andriyani, SE.,MM - Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Nasional Karangturi (IST)

Proses Assembly line sendiri dikenalkan oleh Henry Ford, pendiri brand mobil Ford. Apa itu assembly line? assembly line adalah proses manufacturing dimana setiap bagian disusun berdasarkan urutan untuk menghasilkan produk jadi yang lebih cepat dibanding metode manufacturing yang biasa, efeknya efisiensi waktu bisa terwujud.

Revolusi Industri tahap 3.0 terjadi pada tahun 1969 dimana terjadi Inovasi teknologi informasi, komersialiasi personal computer, dll. Hingga pada tahapan revolusi Industri yang saat ini kita sebut dengan revolusi Industri 4.0.

Dalam revolusi industri 4.0 ditandai dengan Cyber Physical system, ciri-cirinya kegiatan manufaktur terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif, serta penggunaan Artificial Intellegent, dan Internet of Things (IOT). 

Dampak Revolusi Industri 4.0 

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved