Rapat Pleno KPU, PDIP Kuasai Mayoritas Kursi DPRD Jateng Periode 2019-2024

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) memperoleh kursi terbanyak pada pemilihan calon legislatif di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Rapat Pleno KPU, PDIP Kuasai Mayoritas Kursi DPRD Jateng Periode 2019-2024
Tribun Jateng/ Rahdyan Trijoko Pamungkas
Ketua KPU Jawa Tengah tanda tangani penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang diseleggarakan di Hotel Santika Semarang, Sabtu (10/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) memperoleh kursi terbanyak pada pemilihan calon legislatif di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Hasil tersebut ditetapkan di dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi yang diseleggarakan di Hotel Santika Semarang, Sabtu (10/8/2019).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah , Yulianto Sudrajat menuturkan jumlah kursi di DPRD Jawa Tengah sebanyak 120 kursi. Hal ini telah ditetapkan per partai politik yang mendapatkan kursi dan calon terpilih dari hasil Pemilu 2019.

"Jika dibanding sebelumnya naik 20 kursi. Sebelumnya jumlahnya 100 kursi," tutur dia.

Yulianto menyebutkan PDI P memperoleh kursi terbanyak di Jawa Tengah dengan 42 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 20 kursi, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS memperoleh 10 kursi, PPP mendapat 9 kursi, PAN enam kursi, Partai Demokrat lima kursi, dan Partai Nasdem tiga kursi.

"Total ada sembilan partai politik yang mendapat kursi," jelas dia.

Ia menuturkan hasil penetapan akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah untuk dilakukan pelatikan.

Hasil rekapitulasi akan dikirimkan maksimal tujuh hari setelah pleno penetapan.

"Kami juga menunggu Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk calon yang ditetapkan terpilih," bebernya.(Tribun Jateng, Rahdyan Trijoko Pamungkas)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved