Begini Cara Yayasan Bhakti Umat Desa Sirahan Kabupaten Pati Kelola Ratusan Hewan Kurban

Sekitar 469 ekor kambing jenis kibas disembelih di halaman Masjid Baiturrohman Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak pada Hari Raya Iduladha tahun ini.

Begini Cara Yayasan Bhakti Umat Desa Sirahan Kabupaten Pati Kelola Ratusan Hewan Kurban
ISTIMEWA
Sekitar 469 ekor kambing jenis kibas disembelih di halaman Masjid Baiturrohman Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak pada Hari Raya Iduladha tahun ini, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sekitar 469 ekor kambing jenis kibas disembelih di halaman Masjid Baiturrohman Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak pada Hari Raya Iduladha tahun ini, Minggu (11/8/2019).

Dengan tenaga sepuluh tukang jagal, ratusan kambing itu mulai disembelih setelah pelaksanaan salat Iduladha sekitar pukul 07.30 dan tuntas menjelang dhuhur, sekitar pukul 11.30.

Kepala Desa Sirahan M Sutiyono mengatakan, 469 ekor kambing yang didatangkan dari Jawa Timur itu seluruhnya merupakan hewan kurban atas nama warga Singapura.

"Penyembelihan hewan kurban di Desa Sirahan, selain oleh individu masyarakat, selama ini juga bekerja sama dengan Etiqa Communication Singapura."

"Sudah berjalan 13 tahun, jumlah yang dipotong bervariasi, selalu meningkat. Adapun hari ini 469 ekor," ucapnya.

Setiap kambing, terang Sutiyono, sudah ditandai dengan nama pengkurbannya.

Ratusan kurban ini, lanjutnya, dikelola oleh ikatan remaja masjid di bawah naungan Yayasan Bhakti Umat Desa Sirahan yang diasuh H Ansori, tokoh masyarakat setempat.

"Kambing yang telah disembelih kemudian didistibusikan ke 13 desa Kecamatan Cluwak. Sesuai data yang telah ditentukan panita."

"Kalau di Desa Sirahan, masing-masing RT dapat dua ekor. Adapun di desa lain jumlahnya bervariasi."

"Seluruh instansi yang ada di Kecamatan Cluwak juga dapat. Seperti Polsek, Koramil, dan Muspika (Forkopimcam-red)," paparnya.

Setelah disembelih, ratusan kambing tersebut didistribusikan ke masing-masing RT secara utuh.

Nantinya, pengurus masing-masing desa akan menguliti dan memotong-motong daging kambing serta membagikannya pada warga. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved