Berkurban Sapi 1,2 Ton, Gubernur Ganjar Imbau Warga Tak Gunakan Plastik Bungkus Daging

Usai menjalankan salat ied, Ganjar berjalan menuju ke Masjid Baiturrahman Simpanglima Semarang untuk melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis

Berkurban Sapi 1,2 Ton, Gubernur Ganjar Imbau Warga Tak Gunakan Plastik Bungkus Daging
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersama sapi seberat 1,2 ton yang dia kurbankan dan jamaah yang sedang menjalankan salat Idul Adha 2019 di lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Minggu (11/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahun ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  merayakan Idul Adha bersama istri di Semarang dan melaksanakan Salat Idul Adha di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Minggu (11/8/2019).

Ganjar beserta jamaah lain nampak begitu khusuk menjalankan salat ied. Dirinya beserta keluarga tiba di lokasi sekira pukul 06.15 WIB.

Sebelum salat ied dimulai pukul 06.20 WIB, takmir Masjid Baiturrahman Simpanglima Semarang menghimbau kepada jamaah untuk menata saf yang sudah diatur panitia.

Usai menjalankan salat ied, Ganjar berjalan menuju ke Masjid Baiturrahman Simpanglima Semarang untuk melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis.

Sapi kurban yang diserahkan Ganjar kepada takmir masjid berjenis limousin dengan berat 1,2 ton yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Sapi yang berusia 4 tahun tersebut rencananya akan langsung disembelih usai salat ied dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin, tukang becak, pedagang asongan, dan lembaga pemasyarakatan.

Tak lupa, Ganjar juga meminta kepada semua panitia kurban untuk tidak menggunakan plastik saat membagikan daging kurban.

Ganjar mengimbau agar penggunaan plastik digantikan dengan besek, daun dan bungkus lain yang lebih ramah lingkungan.

"Sudah saya sampaikan jauh-jauh hari agar nantinya daging dibagikan tidak menggunakan plastik, tapi bisa menggunakan besek, kreneng, daun dan lainnya. Saya memang berusaha untuk mendorong langkah-langkah kecil dalam upaya pengurangan sampah plastik," terangnya.

Ganjar menambahkan, di hari raya Idul Adha banyak nilai ketakwaan dan nilai lain yang bisa diteladani. Di antaranya nilai solidaritas, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dengan berkurban, maka kita bisa berbagi rizki kepada sesama. Kalau kita melihat seperti ini, ini bagian dari upaya membangun Ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, dan ada persatuan yang luar biasa. Banyak nilai yang bisa diberikan, suasana ini memberikan kegembiraan kepada kita," terangnya.

Di Masjid Baiturrahman Simpanglima Semarang sendiri, panitia kurban hingga pagi ini telah menerima 14 ekor sapi, satu ekor kerbau dan 24 ekor kambing.

Nantinya, hewan-hewan kurban itu akan dipotong dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Sesuai arahan bapak Gubernur, tahun ini kami tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging. Kami sudah siapkan 5.000 besek untuk membungkus daging dan dibagikan kepada masyarakat," kata Takmir Masjid Baiturrahman Semarang, KH Multazam Ahmad.(afn)

Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved