Hadi Butuh Waktu Seminggu Jahit Bendera Raksasa Sepanjang 350 Meter

Semangat menyambut hari kemerdekaan, Abdul Hadi rela menghabiskan waktu malamnya selama sepekan untuk menjahit bendera merah putih sepanjang 350 meter

Hadi Butuh Waktu Seminggu Jahit Bendera Raksasa Sepanjang 350 Meter
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Abdul Hadi saat memasangkan bendera dengan penyangga bambu di sepanjang jalan Dukuh Wonoedi, Desa Penangkan, Kecamatan Wonotunggal, Batang, Senin (12/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Semangat menyambut hari kemerdekaan, Abdul Hadi rela menghabiskan waktu malamnya selama sepekan untuk menjahit bendera merah putih sepanjang 350 meter dan lebar 3 meter.

Pemuda dari Dukuh Wonoedi, Desa Penangkan, Batang itu ingin memberikan hal yang berbeda pada hari kemerdekaan kali ini agar lebih meriah.

Meski cukup kesulitan karena kain yang dijahit cukup panjang dan lebar Hadi dibantu para pemuda lain dalam proses penjahitan.

"Kalau jahitnya saya sendiri sebenarnya mudah, hanya saja karena bendera memang dibuat cukuo panjang jadi dibantu teman-teman lainnya pemuda sini," tuturnya, kepada Tribunjateng.com, Senin (12/8/2019).

Dikatakannya, untuk membuat bendera sepanjang itu menghabiskan dana Rp 7 Juta yang diperoleh dari swadaya warga sekitar.

"Alhamdulillah warga sangat mendukung, dan semua hasil swadaya, untuk membeli kainnya dan kebutuhan lain menghabiskan sekitar Rp 7 Juta," ujarnya.

Sebelumnya, Hadi hanya menjahit kain untuk bendera 300 meter namun karema ada tambahan dana ditambah 350 meter.

"Panjang bendera disesuaikan dengan dana yang ada saja karna memang ini swadaya ya, kemarin pertama 300 meter karena ada tambahan jadi 350 meter," ujarnya.

Hadi mengatakan keinginan untuk membentangkan bendera juga atas semangat warga Dukuh Wonoedi yang sangat antusias.

Sehingga nilai yang tertanam dari kegiatan ini bisa mewujudkan persatuan antar warga yang rukun, saling bekerjasama, serta saling membantu.

"Semua guyub rukun, saling membantu, kerjasama juga saat pemasangan kami ramai ramai bahkan karena cukup panjang dan lebar prosesnya usai cukup lama dari sore sampai malam hari," ujarnya.

Untuk meramaikan hari kemerdekaan, bendera yang sudah terbentang itu nantinya akan dipasang hingga akhir bulan Agustus dan diwarnai dengan berbagai rangkaian acara.

Hadi pun berharap untuk tahun depan bendera yang dibentangkan bisa lebih panjang lagi.

"Inshaallah semoga tahun deoan bisa terealisasikan lagi lebih panjang karena ini bentuk semangat kita menyambut kemerdekaan dengan suka cita dan menghormati bendera yang kami banggakan," pungkasnya (din).

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved