Komnas Perempuan Desak Pengadilan Negeri Semarang Lindungi Perempuan Korban Kekerasan

Rombongan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan mendatangi Pengadilan Negeri Semarang.

Komnas Perempuan Desak Pengadilan Negeri Semarang Lindungi Perempuan Korban Kekerasan
TRIBUN JATENG/RAHDYAN TRIJOKO PAMUNGKAS
Komisioner Komnas Perempuan Sri Nurhewati. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rombongan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan mendatangi Pengadilan Negeri Semarang, Senin (12/8/2019).

Rombongan Komnas Perempuan yang dipimpin oleh komisioner Sri Nurherwati mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Semarang memberikan perhatian atas korban asusila terhadap S, anak dari oknum notaris I Nyoman Adi Rimbawan yang saat ini menjadi terdakwa. 

"Kedatangan kami masih terkait terdakwa. Karena kami masih menerima pengaduan," ujarnya.

Selanjutnya, kedatangan tim Komnas Perempuan mendorong segera disahkannya pembahasan RUU penghapusan kekerasan seksual (PKS). 

"Kasus ini menjadi pembelajaran penting dalam menyusun RUU PKS. Sehingga di dalam RUU ini bisa melakukan perubahan-perubahan dari kasus tersebut," tuturnya.

Pemkot Semarang Segera Menutup Lokalisasi Sunan Kuning, WPS Buat Rekening Dana Tali Asih

Komnas Perempuan, kata dia, menekankan agar pengadilan menggunakan peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 3 tahun 2017 tentang pedoman hakim dalam menangani kasus berhadapan dengan hukum.

Hal ini bertujuan agar korban terlindungan di dalam wilayah pengadilan.

"Itu sesuai dengan pasal 5 cedaw (atau ICEDAW yakni International Convention on Elimination of All Forms of Discrimation Againts Women) untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan korban kekerasan di pengadilan nasional," tuturnya.

Selanjut, Sri juga ingin meninjau lagi apakah perjanjian kerjasama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan institusi termasuk PN untuk menyelenggarakan sistem peradilan terpadu penanganan kekerasan terhadap perempuan.

Perjanjian tersebut dituangkan di dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

Halaman
12
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved