Analisis Tabrak Lari Overpass Manahan, Ahli IT Sholicul Huda: Pernyataan Kadishub Solo Janggal

Rekaman kamera CCTV di overpass Manahan Solo menampilkan hasil kurang bagus sehingga petugas kesulitan mengidentifikasi mobil pelaku.

Analisis Tabrak Lari Overpass Manahan, Ahli IT Sholicul Huda: Pernyataan Kadishub Solo Janggal
ISTIMEWA
Viral video kecelakaan di Overpass Manahan Solo. 

TRIBUNJATENG.COM -- Pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Solo yang menyebut hanya ada satu dari 58 kamera pengawas CCTV yang menangkap kejadian tabrak lari di overpass Manahan Solo itu terasa janggal.

Rekaman kamera CCTV di overpass Manahan Solo menampilkan hasil kurang bagus sehingga petugas kesulitan mengidentifikasi mobil pelaku.

Pada saat hasil rekaman masuk ke server otomotis kualitas pixel menjadi berkurang atau dengan kata lain tercompress. Sehingga saat dimunculkan ulang video tersebut buram atau pecah.

Padahal dari segi kualitas Kepala Dishub Solo menyebut bahwa CCTV yang dimilikinya tergolong grade tinggi.

Sepengetahuan saya, ketika hasil video CCTV diputar ulang atau didownload dari server maka kualitas yang ditampilkan tidak akan berubah.

Atau dengan kata lain tetap sesuai dan tidak jauh beda pada saat kamera tersebut melakukan pengawasan yang bisa dilihat di monitor.

Memang benar sistem kerja CCTV yang pertama merekam visual secara continue 24 jam dan otomatis menyimpannya dalam server hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Seperti putaran roda, hasil perekaman video paling terakhir otomatis terhapus dan tergantikan dengan yang baru ketika telah melebihi batas waktu atau pada saat memori penuh.

Misal batas waktu penyimpanan satu minggu. Maka nanti hasil perekaman terbaru menggantikan yang paling lama.

Namun, pada saat hasil perekaman video tersebut ingin dimunculkan kembali atau didownload semestinya kualitas yang ditampilkan tidak akan berubah. Tak jauh beda dengan saat kamera tersebut melakukan pengawasan.

Di era modern sekarang perangkat CCTV telah berkembang semakin canggih.

Bahkan bisa melihat benda bergerak seperti mobil dengan sangat jelas hingga mengetahui plat nomor kendaraan. Bukankah alat punya Dishub merupakan grade tinggi?

CCTV di tempat tinggal saya saja bisa melihat dengan jelas plat nomor kendaraan hingga jarak 20 sampai 30 meter. Tapi saya tidak bersepekulasi tanpa melihat perangkat yang dimiliki Dishub secara langsung.

Namun logikanya video tidak berubah saat didownload, gambar atau video sama dengan aslinya saat merekam. (tim)

Editor: Catur waskito Edy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved