Hari Ini, Ratusan Penganut Islam Aboge Baru Salat Idul Adha di Masjid Saka Tunggal

Ratusan jamaah aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, baru melaksanakan Salat Idul Adha hari ini, Selasa (13/8/2019).

Hari Ini, Ratusan Penganut Islam Aboge Baru Salat Idul Adha di Masjid Saka Tunggal
TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati
Bersalaman seusai Salat Idul Adha - Jamaah Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, baru melaksanakan Salat Idul Adha hari ini, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Ratusan penganut Islam Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, baru melaksanakan Salat Idul Adha hari ini, Selasa (13/8/2019).

Kebiasaan tersebut, berbeda dengan mayoritas muslim di Indonesia yang sudah merayakan Idul Adha pada Minggu (11/8/2019) lalu.

Salat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Saka Tunggal Baitussalam, Cikakak, Wangon.

Masjid Saka Tunggal Baitussalam adalah masjid bersejarah yang diyakini masyarakat setempat sudah dibangun sejak ratusan tahun silam.

Masjid Saka Tunggal Pekuncen Banyumas Ditetapkan sebagai Cagar Budaya

Sulam yang merupakan Juru Kunci Generasi ke-12 Masjid Saka Tunggal mengatakan, jumlah jemaah yang akan mengikuti Salat Idul Adha cukup banyak.

Akan tetapi, diperkirakan tidak semuanya ikut karena sebagian warga masih merantau dan sebagian anak sudah sekolah.

Jamaah Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, baru melaksanakan Salat Idul Adha hari ini, Selasa (13/8/2019).
Jamaah Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, baru melaksanakan Salat Idul Adha hari ini, Selasa (13/8/2019). (TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati)

"Memang tidak seramai kalau waktu Idul Fitri, karena perantau banyak yang mudik. Tapi waktu Idul Adha itu biasanya banyak yang tidak mudik," ujar Sulam kepada Tribunjateng.com, Selasa (13/8/2019).

Pada saat pelaksanaan Salat Idul Adha jamaah yang hadir kurang lebih mencapai 100 orang.

"Salat Idul Adha dilaksanakan sekitar jam 06.30 WIB," katanya.

Barulah selepas salat, para jamaah berkumpul di masjid dan makan bersama.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved