Lonjakan Harga Emas Pacu Penjualan Galeri24

Perang dagang tak kunjung mereda membuat harga emas terus menanjak. Para penjual emas mendapatkan berkah dari kenaikan harga logam mulia it

Lonjakan Harga Emas Pacu Penjualan Galeri24
Harga emas terus turun dalam tiga bulan terakhir

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Perang dagang tak kunjung mereda membuat harga emas terus menanjak. Para penjual emas mendapatkan berkah dari kenaikan harga logam mulia itu, termasuk anak usaha PT Pegadaian, yaitu Galeri24.

Chief Executive Officer (CEO) Pegadaian Galeri24, Arifmon membenarkan, penjualan emas dari periode Juni sampai Juli 2019 meningkat hingga 75 persen. Ekuivalen atau nilai dari peningkatan tersebut setara Rp 184 miliar.

“Kenaikan penjualan emas ini juga dari program-program promo yang secara masif dilakukan. Emas di sini bukan hanya batangan, tetapi juga perhiasan,” katanya, kepada Kontan, pekan lalu.
Galeri24 terus menjaga dan menyiapkan stok cadangan emas jika persedian habis. Hingga kini sebanyak 70 persen sumber emas Pegadaian berasal dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Sisanya dari vendor dan toko emas yang sudah bekerja sama dengan Pegadaian.

Galeri24 menyediakan layanan penjualan emas batangan, penjualan perhiasan dan batu mulia. Dari produk itu, Galeri24 menargetkan penjualan emas sebanyak 5,2 ton sepanjang 2019, atau naik 21,4 persen dari target tahun lalu.
Untuk mencapai target itu, perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi, misalnya dengan semakin gencar melakukan ekspansi bisnis lewat penjualan offline dan online.

Untuk offline, Galeri24 memperbesar jaringan operasionalnya dari saat ini memiliki 42 distro yang tersebar mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam hingga Jayapura.

Perseroan itu juga memiliki dua J-Store (Jewelry Store) yang tersebar di Jabodetabek, yaitu J-Store Thamrin City dan J-Store Point Square yang baru beroperasi akhir pekan lalu.

Arifmon menuturkan, bakal membuka tiga J-Store lagi di Makasar, Manado, dan Balikpapan. Strategi lain dengan menggunakan jangkauan online demi memperluas pangsa pasar.

Saat ini, Galeri24 sudah menjadi official store resmi Tokopedia dan juga sudah memiliki e-commerce yaitu cataloggaleri24.com. Dengan begitu, nasabah mempunyai banyak pilihan untuk berbelanja.

Adapun, Direktur Utama Antam, Arie Prabowo Ariotedjo mengaku, sampai semester I/2019 perseroan telah menjual emas sebanyak 15,7 ton. Jumlah itu meningkat 14 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

“Kenaikan harga beberapa bulan terakhir berpengaruh terhadap peningkatan penjualan emas logam mulia, karena masyarakat sudah semakin mengerti kegunaan emas sebagai lindung nilai dan alat investasi yang berisiko rendah,” jelasnya.

Perusahaan pelat merah itu memperkirakan mampu menjual emas melebihi angka 30 ton sampai akhir tahun ini. (Kontan/Ferrika Sari)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved