Pendidikan Karakter Disdik Kota Semarang 2019: Gunawan Harap Siswa Lestarikan Budaya

Pendidikan karakter terus digalakkan kepada generasi penerus. Tujuannya, agar mereka dapat memiliki karakter yang baik

Pendidikan Karakter Disdik Kota Semarang 2019: Gunawan Harap Siswa Lestarikan Budaya
Tribun jateng/akbar hari mukti
Gelar pendidikan karakter Dinas Pendidikan Kota Semarang 2019 diselenggarakan di kantor Disdik Semarang, Selasa (13/8/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pendidikan karakter terus digalakkan kepada generasi penerus. Tujuannya, agar mereka dapat memiliki karakter yang baik, dalam proses tumbuh kembangnya.

Hal tersebut salah satunya diaplikasikan lewat Gelar Pendidikan Karakter Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang 2019, yang diselenggarakan di Kantor Disdik Kota Semarang, Selasa (13/8/2019).

Sejak pagi hingga sore para siswa sekolah dasar (SD) se Kota Semarang mengikuti serangkaian kompetisi yang diadakan, bertema pendidikan karakter.

Kabid Pembinaan SD Disdik Kota Semarang, Hidayatullah Imam Prasetyo mengungkapkan gelar pendidikan karakter disdik Kota Semarang 2019 berfokus pada penelusuran bakat dan minat siswa sekolah dasar. Di gelaran ini beragam lomba pun dipertandingkan.

"Ada karawitan, tembang mocopat, sesorah atau pidato Jawa, geguritan. Serta ada juga festival penulisan Alquran," papar dia.

Yang menarik, menurutnya ialah lomba kepenulisan Alquran di mana para siswa peserta menggunakan laptop dalam pengerjaannya. Para peserta diberi waktu 3 jam untuk menulis Alquran di laptop yang tersedia.

"Untuk kepenulisan Alquran ada 500 peserta. Untuk total peserta ada seribu lebih," lanjutnya.

Menurutnya para peserta ini sebelumnya telah dipilih oleh korsatpen di masing-masing wilayah di Kota Semarang.

"Jadi yang ada di sini yang sudah terpilih," lanjutnya.

Menurut Hidayatullah, kompetisi ini bertujuan untuk melestarikan hudaya jawa di kalangan siswa siswi SD.  Juga dalam rangka membangun karakter anak didik jenjang SD, dengan karakter budaya indonesia khususnya Jawa.

Gunawan Saptogiri, Kepala Disdik Kota Semarang menuturkan pendidikan karakter memang terus diberikan sejak dini di Semarang. Materi tentang pendidikan karakter juga dimasukkan di kurikulum sekolah dasar.

"Wujudnya bagaimana pendidikan karakter bisa dipelajari secara maksimal oleh para siswa sejak di bangku SD," terangnya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved