PT KAI Daop IV Gelar Bakti Sosial Rail Clinic di Stasiun Gubug Grobogan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daetah Operasi (Daop) IV Semarang kembali adakan kegiatan bakti sosial Rail Clinic di sejumlah stasiun.

PT KAI Daop IV Gelar Bakti Sosial Rail Clinic di Stasiun Gubug Grobogan
ISTIMEWA
petugas melakukan pengecekan kesehatan kepada warga di KA Rail Clinic di Stasiun Gubug, Selasa (13/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daetah Operasi (Daop) IV Semarang kembali adakan kegiatan bakti sosial Rail Clinic di sejumlah stasiun.

Setelah berhasil dilaksanakan di Stasiun Alastua Kota Semarang pada 28 Maret 2019, pun dilaksanakan di Stasiun Gubug Kabupaten Grobogan hari ini, Selasa (14/8/2019).

Kegiatan bakti sosial Rail Clinic sendiri berupa pengobatan gratis, pembagian kaca mata gratis, penyuluhan kesehatan dan sosialisasi aturan perkeretaapian, pembagian sejumlah bantuan CSR untuk dunia pendidikan serta pemberian berbagai souvenir hiburan lainnya.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, Rail Clinic sendiri sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop IV Semarang sejak 2016 yang lalu.

Pada tahun pertama telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedungjati.

Kemudian di tahun 2017 dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung, serta tahun 2018 telah dilaksanakan di Stasiun Kradenan, Stasiun Gundih dan Stasiun Kaliwungu.

Adapun rencananya pada tahun 2019 juga bakal diadakan di Stasiun Comal.

"Pada tahun 2015 lalu, untuk pertama kalinya KAI meluncurkan Rail Clinic yang dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Rail Clinic ini wujud kepedulian sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI dibidang kesehatan. Nah tujuannya adalah untuk memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan," terang Krisbiyantoro sebagaimana rilis yang disampaikan kepada Tribun Jateng, Selasa (13/8/2019).

Lebih lanjut, hingga tahun 2018 PT KAI (Persero) sudah meluncurkan 4 generasi Rail Clinic dan juga mengoperasikan KAI Rail Library atau Kereta Pustaka.

Adapun Rail Library sendiri dirangkaikan dengan Rail Clinic generasi ke-4 yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan dilengkapi dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan internet.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved