Masyarakat Ingin Lakukan Pengaduan Pelayanan Publik ke Ombudsman Bisa Melalui Media Sosial

Penggunaan media sosial dalam pemerintahan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah ternyata berdampak ke Ombudsman Jateng.

Masyarakat Ingin Lakukan Pengaduan Pelayanan Publik ke Ombudsman Bisa Melalui Media Sosial
GOOGLE
Ilustrasi media sosial 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penggunaan media sosial dalam pemerintahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ternyata berdampak pada lembaga lain.

Media sosial yang kerap digunakan untuk menjadi tempat megadu masyarakat kepada Gubernurya memiliki manfaat untuk Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng, Siti Farida mengatakan, dibukanya kanal pengaduan melalui medsos oleh Ganjar membuat pelaporan masyarakat kepada ORI Jateng menurun drastis.

Sampai Juli 2019 saja, tercatat hanya ada dua laporan yang masuk ke lembaga itu.

"Memang menurun drastis terkait pengaduan masyarakat ke ORI. Sampai sekarang baru ada dua laporan yang kami tangani khususnya pengaduan tentang pelayanan publik di Jawa Tengah," kata Farida, Rabu (14/8/2019).

Di Luar Gedung Pelantikan Anggota DPRD Kota Semarang, Aliansi Mahasiswa Semarang Gelar Aksi Damai

Tahun 2018 lalu lanjut dia, tercatat masih ada sekitar 19 pengaduan dari masyarakat.

"Selain penggunaan medsos untuk pelayanan publik termasuk pengaduan yang dilakukan Pak Gubernur, tingkat kepuasan pelayanan publik di Jateng memang sudah baik. Berdasarkan survei kepatuhan pada 2016 lalu, Pemprov Jateng memang masuk zona hijau, artinya tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan publik tinggi," terangnya.

Untuk mengejar ketertinggalan dengan Pemprov Jateng, ORI lanjut dia juga akan berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sejumlah program berbasis media sosial akan dimanfaatkan untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan.

"Tentu kami harus berlari mengejar ketertinggalan ini. Memang kami akui, metode yang dilakukan pak Ganjar ini lebih disukai masyarakat karena lebih cepat dalam merespon pengaduan," tutupnya.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved