Pengusaha Ritel Optimistis Terus Catat Kinerja Positif

Sebagian pengusaha sektor ritel masih membukukan pertumbuhan kinerja selama semester I/2019, meski berdasarkan data Bank Indonesia (BI) penjualan rite

Pengusaha Ritel Optimistis Terus Catat Kinerja Positif
Shutterstock
Ilustrasi 

JAKARTA, TRIBUN - Sebagian pengusaha sektor ritel masih membukukan pertumbuhan kinerja selama semester I/2019, meski berdasarkan data Bank Indonesia (BI) penjualan ritel merosot 1,8 persen dari sebelumnya naik 7,7 persen.

Head of Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa Tbk, Fetty Kwartati mengatakan, pencapaian Mitra Adiperkasa di semester I/2019 melebihi target yang diasumsikan.

Mitra Adiperkasa merupakan pemilik berbagai gerai fashion, konsumer, hingga sport kenamaan seperti Burger King, Starbucks, Planet Sport, Sport Station, Sogo, serta menggenggam lebih dari 80 merek seperti Zara, Marks & Spencer, Stradivarius, Dr. Martens, Pandora, Calvin Klein, Reebok, Adidas, Converse, Speedo, Airwalk, Crocs, Diadora, Nike, dan lain-lain.

Pada semester I/2019, pendapatan Mitra Adiperkasa naik 10,16 persen year on year (yoy) menjadi Rp 10,01 triliun, dengan laba bersih naik 28,12 persen yoy menjadi Rp 499,31 miliar.

"Kontribusi pendapatan dan laba di paruh pertama tahun ini terutama berasal dari penjualan bisnis specialty store dan department store," katanya, baru-baru ini.

Fetty menuturkan, biasanya kinerja Mitra Adiperkasa bakal lebih baik di semester dua, karena pendapatan di periode ini biasanya lebih besar.

Ia menyebut, ada tiga momentum untuk promosi. Pertama, program back to school di Juli. Kedua, pada Agustus 2019, ada momen belanja memperingati kemerdekaan Indonesia. Ketiga, di kuartal IV saat Natal dan tahun baru ada year on sale.

Mitra Adiperkasa berencana akan terus ekspansi dengan menambah space gerai. Saat ini, perseroan itu sudah merealisasikan pengembangan gerai seluas 46.685 meter persegi. Pada tahun ini, Mitra Adiperkasa menargetkan menambah 75.000 meter persegi.

Ekspansi gerai

PT Ace Hardware Indonesia Tbk juga tidak terlalu terdampak pada turunnya daya beli masyarakat. Sekretaris Perusahaan Ace Hardware, Helen Tanzil menyebut, pertumbuhan kinerja di semester I/2019 sesuai target. "Kami optimistis target pertumbuhan 15 persen akan tercapai," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved