Saluran Irigasi Penuh Sampah, Bupati Idza Semprot Sejumlah OPD

Bupati Brebes, Idza Priyanti, langsung naik pitam saat meninjau saluran irigasi di sebelah Pasar Belakang Kodim Brebes yang penuh dengan sampah

Saluran Irigasi Penuh Sampah, Bupati Idza Semprot Sejumlah OPD
Tribun Jateng/ M Zaenal Arifin
Sejumlah petugas melakukan pembersihan sampah pada saluran di sebelah Pasar Belakang Kodim Brebes, Rabu (14/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Bupati Brebes, Idza Priyanti, langsung naik pitam saat meninjau saluran irigasi di sebelah Pasar Belakang Kodim Brebes yang penuh dengan sampah, hingga menimbulkan bau menyengat, Rabu (14/8/2019).

Seketika, Idza langsung memanggil beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyelesaikan persoalan sampah di salurah tersebut.

Idza pun menyemprot beberapa OPD agar segera mencari solusinya.

Beberapa OPD yang kena semprot di antaranya Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag), Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang (PSDA-TR), Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS), serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP).

"Keluhan masyarakat harus kita utamakan, sehingga hari ini juga. Beberapa kepala dinas kita undang untuk terlibat langsung dalam penanganan masalah sampah ini," kata Idza, usai tinjauan.

Dari koordinasi dengan beberapa OPD, kata Idza, untuk penanganannya yaitu seluruh sampah yang berada di saluran dibersihkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Selain itu, lumpur yang sudah menghitam juga dikeruk agar tidak ada lagi bau menyengat dari saluran sepanjang 300 meter itu.

"Untuk pengerukan tersebut, kita datangkan alat berat berupa backhoe. Sekaligus kita tambah tenaga manusia agar pembersihan cepat selesai," ujarnya.

Jika salurah sudah dibersihkan dari sampah dan lumpur, Idza memerintahkan pada Dinas PSDA-TR untuk memasang jaring di atas saluran.

Tujuannya agar sampah baik dari pedagang Pasar Belakang Kodim maupun dari masyarakat umum, tidak lagi masuk ke saluran dan membuat lingkungan kembali kumuh dan berbau.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved