Sinoeng Anggap Keteladanan Sangat Berpengaruh Pada Nilai Nasionalisme

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi, menganggap nilai nasionalisme dan patriotisme sudah ada lama

Sinoeng Anggap Keteladanan Sangat Berpengaruh Pada Nilai Nasionalisme
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Kepala Disporapar Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi bersama komisi A DPRD Jateng, Bambang Joyo Supeno dan guru besar Untag Semarang, Prihatin Tiyanto Priagung Hutomo, saat sedang melakukan diskusi tentang Nasionalisme-Patriotisme Era Milenial, di Hotel Noormans Semarang, Rabu (14/8). Diskusi yang diinisiasi oleh Trijaya 89.8 FM ini, menitikberatkan pada peran anak muda untuk mengisi jiwa nasionalisme dan patriotisme. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-74.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi, menganggap nilai nasionalisme dan patriotisme sudah ada lama.

"Namun sekarang kita harus membaca ulang. Maka langkah yang paling mudah adalah merevitalisasi nilai tersebut, serta sosok keteladanan perlu dilakukan oleh semua pihak," tuturnya usai melakukan diskusi di acara Prime Topic Trijaya FM, di Hotel Noormans Semarang, Rabu (14/8).

Ia menambahkan, keteladanan sangat krusial di era milenial ini karena akan menjadi pusat percontohan sikap masyarakat lain.

"Keteladanan tidak hanya dari institusi pemerintahan saja. Tapi semua pihak juga memiliki peran untuk menjadi teladan dalam menyebarkan nasionalisme dan patriotisme," bebernya.

Selain keteladanan, menurut Sinung wadah dialog untuk menyalurkan ekspresi anak muda juga perlu digencarkan.

"Karena memperjuangan rasa nasionalisme saat ini berbeda dengan zaman sebelum kemerdekaan. Memperjuangkan kemerdekaan saat ini yakni menjauhkan bangsa dari keterbelakangan, kemiskinan, kebodohan, dan lainnya," tutur dia.

Sebagai kepala dinas yang membidangi kepemudaan, Sinung kerap melakukan kegiatan yang sesuai dengan segmentasinya.

"Kalau menyelenggarakan kegiatan jangan hanya berdasar SPJ saja. Tetapi ada pesan yang disampaikan. Bagi peran antara pemuda dan perempuan juga tidak kalah baiknya untuk mencetuskan ide-ide yang bisa membuat bangsa ini semakin lebih baik," tutupnya.(afn)

Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved