Hari Pertama Kerja, Anggota DPRD Kendal Langsung Bentuk Koalisi Fraksi

Hari pertama setelah pelantikan anggota baru DPRD Kendal, Rabu (14/8/2019) lalu, para anggota dewan langsung melakukan rapat pembentukan fraksi.

Hari Pertama Kerja, Anggota DPRD Kendal Langsung Bentuk Koalisi Fraksi
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kendal periode 2019-2024. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Hari pertama setelah pelantikan anggota baru DPRD Kendal, Rabu (14/8/2019) lalu, para anggota dewan langsung melakukan rapat pembentukan fraksi.

Partai yang memiliki anggota di DPRD kurang dari empat anggota langsung membentuk koalisi fraksi.

Seperti yang dilakukan oleh anggota partai dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketiga partai itu membentuk koalisi fraksi yang diberi nama Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera.

Ketua Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera, Nashri mengatakan, pembentukan ini agar dapat memenuhi syarat terbentuknya fraksi yakni minimal berisi empat anggota DPRD.

Pada pemilu 2019, PAN meraih tiga kursi, Partai Demokrat meraih tiga kursi dan PKS meraih dua kursi.

Baru Dilantik, Ini Pekerjaan Rumah Yang Menanti Anggota DPRD Kendal

"Anggota fraksi kami ada delapan orang. Hal ini atas kesepakatan bersama kami," ujarnya. Kamis (15/8/2019).

Ia mengatakan, bahwa susunan pengurus fraksi pun saat ini sudah terbentuk. Yakni dirinya menjadi ketua fraksi, kemudian wakil ketua dari PKS yakni Sulistyo Ariwibowo dan Sekretaris dari Partai Demokrat yakni Dhini Widiastuti.

"Pembentukan ini agar mempercepat kinerja anggota dewan setelah dilantik," tuturnya.

Selain tiga partai tersebut, Partai Golkar dan Partai Nasdem juga membentuk satu fraksi. Diketahui bahwa Partai Golkar meraih kursi sebanyak tiga kursi dan Nasdem meraih dua kursi pada Pemilu 2019.

Meski demikian masih ada lima partai yang tengah melakukan rapat pembentukan pengurus fraksi sehingga hingga hari Kamis ini belum menetapkan pengurus fraksi.

Lima partai itu yakni di antaranya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Indonesai (Perindo).

Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun mengatakan bahwa saat ini pihak tengah menyusun nama-nama yang akan ditunjuk sebagai ketua fraksi. Tak hanya itu pihaknya juga tengah menggodok nama yang akan menjadi Ketua DPRD Kendal secara definitif.

"Kami belum dapat menentukan karena saat ini kami merapatkan nama yang akan diposisikan menjadi pimpinan dewan dan fraksi. Karena partai kami meraih suara terbanyak maka kami benar-benar mempersiapkan jabatan pimpinan dewan," ujarnya.(Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto) 

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved