Lomba Hias Gapura Sambut HUT Ke-74 RI, Ada Gatotkaca di Tengah-tengah Peta Indonesia

Ada Gatot Kaca di gapura Gang IX RT 03 RW 03 Kelurahan Sapuro Kebulen Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.

Lomba Hias Gapura Sambut HUT Ke-74 RI, Ada Gatotkaca di Tengah-tengah Peta Indonesia
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Tim penilai mendatangi gapura hias dengan konsep tokoh pewayangan di Kelurahan Sapuro Kebulen Pekalongan Barat, Kamis (15/8/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Tim penilai gapura hias Kota Pekalongan berkeliling ke puluhan kelurahan.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan 10 gapura hias terbaik dalam perlombaan gapura hias sambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Adapun 32 kelurahan mengikuti perlombaan gapura hias tingkat Kota Pekalongan.

Satu di antaranya gapura di RW 03 Kelurahan Sapuro Kebulen Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, yang didatangi tim penilai.

Menerapkan konsep tokoh pewayangan yaitu Gatot Kaca, warga mengerjakan gapura di Gang IX RT 03 RW 03 itu selama 15 hari.

Paskibra Kabupaten Pekalongan Menangis saat Cium Bendera Merah Putih

Muhamad Mukhsin, Ketua RW 03 Sapuro Kebulen menjelaskan, konsep Gatot Kaca diterapkan karena tokoh pewayangan tersebut merupakan sosok pemberani seperti pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan.

“Dengan adanya perlombaan gapura hias, kerukunan warga semakin rekat. Karena hampir satu bulan menghias gapura bersama-sama,” jelasnya, Kamis (15/8/2019) malam.

Dilanjutkannya, patung Gatot Kaca setinggi 2,5 meter yang kerangkanya terbuat dari besi di pasang di atas gapura.

“Dana yang dipakai dari swadaya masayarakat, menang kalah bagi kami tidak masalah. Karena kami menginginkan kerukunan untuk menyambut Hari Kemerdekaan,” tuturnya.

Sementara itu, Sriyana Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Pekalongan, yang menjadi tim penilai menuturkan, penilaian akan diselesaikan malam ini.

“Rabu lalu sudah 15 tempat kami datangi, dan sisanya akan kami selesaikan penilaiannya malam ini,” jelasnya.

Sindir Farhat Abbas, Hotman Paris Pamer Kemesraan dengan Vanessa Angel: Elu Bisa Apa Coba

Dikatakan Sriyana, dalam penilaian akan diambil 10 gapura terbaik yang akan diberi hadian saat puncak perayaan Hari Kemerdekaan.

“Selain 32 peserta, ada juga kelurahan yang mendaftarkan perlombaan gapura hias tingkat nasional. Kelurahan tersebut ada di Medono, Noyontaansari, Sokoduwet, serta Kelurahan Krapayak,” imbuhnya.

Terkiat kriterian penilaian ditambahkan Sriyana, estetika, originalitas, kreativitas serta gotong-royong menjadi penilaian utama.

“Kami sangat mengapresiasi semangat warga dalam perlombaan, karena tak jarang warga mengeluarkan dana tak sedikit. Untuk itu kami akan ambil 10 kontestan saat puncak perayaan Hari Kemerdekaan nanti,” tambahnya. (bud)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved