Mahasiswa KKN Undip Ajari Warga Desa di Batang Olah Bekatul jadi Kue Brownis

Ia bersama rekan - rekannya menggelar pelatihan dengan memanfaatkan hasil samping dari proses penggilingan padi yakni bekatul

Mahasiswa KKN Undip Ajari Warga Desa di Batang Olah Bekatul jadi Kue Brownis
Istimewa
Mahasiswa KKN Undip Asal Batang, Berhasil Berdayakan Warga Desa Olah Bekatul jadi Kue Brownis 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro, berhasil memberdayakan warga Desa Sidomulyo Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal.

Keberhasilan tersebut atas kerja keras tim KKN yang di pelopori oleh Hazna Zhavira mahasiswa teknologi pangan yang berdomisili di Kauman Kabupaten Batang.

Ia bersama rekan - rekannya menggelar pelatihan dengan memanfaatkan hasil samping dari proses penggilingan padi yakni bekatul.

Hazna Zhavira mengatakan, pelatihan tersebut didasari oleh pemetaan potensi desa yang memiliki hasil pertanian yang melimpah, namun belum dikelola secara maksimal.

"Oleh karena itu, kita bersama temen - temen kkn memetakan hasil komoditas pertanian agar memiliki nilai ekonomi yang lebih," ujarnya, Kamis (15/9/2019).

Dari pemetaan, dia temukan komoditas utama desa adalah padi yang diolah menjadi beras.

Namun hasil samping dari proses penggilingan padi tersebut seperti bekatul belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Masyarakat Desa Sidomulyo hanya memanfaatkan bekatul sebagai pakan ternak. Padahal bekatul memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, salah satunya serat pangan.

Bekatul dapat dimanfaatkan menjadi bahan pangan yang enak dan juga sehat," jelasnya.

Agar masyarakat khususnya ibu rumah tangga memiliki peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, bersama rekan-rekannya Hazna menggelar pelatihan pembuatan brownies yang berbahan dasar bekatul.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved