Sambut HUT ke-74 RI, SMKN 3 Semarang Pertunjukkan Kolaborasi Tarian Barongsai dan Jaranan

Selepasnya, para siswa diminta untuk berkumpul melingkar di depan halaman sekolah untuk menyaksikan pementasan 2 tarian yang dikolaborasikan

Sambut HUT ke-74 RI, SMKN 3 Semarang Pertunjukkan Kolaborasi Tarian Barongsai dan Jaranan
Tribunjateng.com/Saiful Ma'sum
KOLABORASI TARIAN: Sejumlah siswa dan siswi SMKN 3 Semarang memeriahkan penyambutan HUT ke-74 RI dengan pementasan 2 tarian yang dikolaborasikan yakni tarian batongsai dan jaranan, Jumat (16/8/2019) di halaman sekolah. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 74 Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, para siswa SMKN 3 Semarang menggelar pementasan pementasan dua tarian yakni Tarian Barongsai dan Tarian Jaranan, Jumat (16/8/2019) di halaman sekolah Jalan Atmodirono No.7a, Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Pementasan tersebut dimaksudkan sebagai sarana memperingati HUT ke - 74 tahun serta menghibur siswa-siswi yang penat dengan pembelajaran di dalam ruangan.

Kepala Sekolah SMKN 3 Semarang, Dra Almiati menyampaikan, sebelumnya pihaknya menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut momen Ulang Tahun Indonesia selama 3 hari tertanggal 14 - 16 Agustus dengan berbagai pentas lomba bola voly, kaligrafi, tarik tambang, kebersihan kelas, dan beberapa perlombaan lain.

Adapun pada hari terakhir, kegiatan diteruskan dengan jalan sehat bersama 1.241 siswa serta seluruh staf sekolah.

Selepasnya, para siswa diminta untuk berkumpul melingkar di depan halaman sekolah untuk menyaksikan pementasan 2 tarian yang dikolaborasikan.

"Di era modern generasi muda sukanya hal-hal yang modern.Teknologi fashion maupun tari-tarian. Untuk melestarikan budaya tradisional tarian kita berupaya membuka ekstrakulikuler tari.

"Nah di momen bahagia ini, kita coba tunjukkan apa yang kita bisa kolaborasikan jaranan dengan barongsai," tuturnya.

Dengan pementasan tersebut ia berharap ribuan siswa terbagi ke dalam 4 jurusan: Teknik Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenaga Listrikan, Teknik Elektronika, Teknik Kendaraan Ringan dapat menjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

"Bagaimanapun generasi muda yang harus meneruskan budaya tradisional, siapa lagi," lanjutnya.

Syeila Khoirunnisa kelas 12 (pemain tarian jaranan) menyampaikan, ketertarikannya terhadap seni tarian tradisional dimaksudkan guna membudayakan kesenian yang mulai luntur seiring perkembangan zaman.

Ia berharap dengan masih adanya orang-orang yang mau melestarikannnya suatu saat dapat mengembangkan kembali berbagai macam kesenian tradisional.

"Kesulitan tentu ada, sejak awal mukai belahar kelas 3 SMP banyak menemukan kesulitan-kesulitan, namun ya dengan semangat tinggi jadi bisa," terang Syeila.

Kegiatanpun akan ditutup dengan pelaksanaan Upacara Bendera juga tumpengan di Halaman Sekolah keesokan harinya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved