Dikti Rilis Peringkat Klasterisasi Peguruan Tinggi Non-Vokasi di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya

Menristekdikti, Mohamad Nasir menyebut klasterisasi itu bisa mendorong kualitas perguruan tinggi di Indonesia untuk masuk ke kelas dunia

Dikti Rilis Peringkat Klasterisasi Peguruan Tinggi Non-Vokasi di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) mengungkapkan rencana pembangunan akses jalan yang akan menyambungkan Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

TRIBUNJATENG.COM - Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia merilis daftar peringkat klasterisasi perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia, Jumat (16/8/2019).

Dikutip TribunWow.com dari ristekdikti.go.id, Sabtu (17/8/2019), Kemenristekdikti mengumumkan klasterisasi itu dengan tujuan untuk pemetaan perguruan tinggi di Indonesia.

Hal tersebut diharapkan nantinya bisa meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemeristekdikti untuk memberi kebijakan tiap klaster.

Menristekdikti, Mohamad Nasir menyebut klasterisasi itu bisa mendorong kualitas perguruan tinggi di Indonesia untuk masuk ke kelas dunia.

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan," ujar Mohamad Nasir.

Pemeringkatan perguruan tinggi ini berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output - Outcome Base.

Artinya, yang disorot adalah kinerja masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja input (15 %) dan proses (25 %).

Serta kinerja luaran dengan bobot 60 % yang meliputi kinerja output (25 %) dan outcome (35 %).

Diketahui ada perguruan tinggi non-vokasi dengan jumlah sebanyak 2.141 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenristekdikti.

Klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi, klaster 2 sebanyak 70 perguruan tinggi, klaster 3 sebanyak 338 perguruan tinggi, klaster 4 sebanyak 955 perguruan tinggi, dan klaster 5 sebanyak 765 perguruan tinggi.

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved