Karnaval Demak Meriahkan HUT ke-74 RI, Peserta Unjuk Kreativitas di Hadapan Ribuan Warga

Masing-masing peserta dari kalangan organisasi pimpinan daerah (OPD), pelajar, dan umum tersebut unjuk gigi di hadapan ribuan masyarakat.

Karnaval Demak Meriahkan HUT ke-74 RI, Peserta Unjuk Kreativitas di Hadapan Ribuan Warga
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Karnaval Kabupaten Demak di Jalan Sultan Fatah, Minggu (18/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Karnaval agustusan di Kabupaten Demak menjadi acara rutin tiap tahunnya.

Masing-masing peserta dari kalangan organisasi pimpinan daerah (OPD), pelajar, dan umum tersebut unjuk gigi di hadapan ribuan masyarakat.

"Peserta agustusan kali ini ada 55 kontingen dari OPD, pelajar, dan umum. Semoga dengan acara karnaval ini, Demak menjadi lebih baik ke depannya," jelas Bupati Demak, M Natsir dalam sambutannya, Minggu (18/8/2019).

Ia menjelaskan, karnaval ini merupakan agenda yang dianggarkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.

Karnaval yang berjarak sekitar 2 kilometer tersebut, atau dari Terminal Demak sampai depan Pasar Bintoro, selalu menyita perhatian ribuan warga setempat.

Seperti halnya warga Demak, Narsih. Ia menilai pertunjukkan yang disajikan peserta dari SMA N 1 Demak, lebih menarik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kalau dulu SMA N 1 Demak membuat ikan raksasa, sedangkan tahun ini berbeda lagi," jelasnya yang datang bersama dua anaknya.

Ia menyebut, karnaval tersebut diperlombakan, sehingga memicu peserta untuk menampilkan pertunjukkan sebaik mungkin.

Sedangkan, nampak berbagai kontingen dari berbagai kecamatan menunjukkan hasil bumi dan kostum kebudayaan.

Seperti halnya, kontingen dari Kecamatan Wedung yang membawa gunungan pengasapan ikan. Selain itu, nampak beberapa orang memeragakan nelayan yang mengayuh di atas kapal buatan.

Hal serupa juga ditampilkan kontingen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak. Kontingen dari puluhan orang tersebut, mengenakan kostum prajurit beserta tameng dan keris.

Sementara kontingen dari Bank Jateng, memeragakan barongsai dan ular naga.

Dari berbagai kontingen tersebut, nampak memberikan buah tangan masing-masing kepada Bupati Demak yang berada di garis finish.

Karnaval tersebut juga dimeriahkan drumband Taruna Akpol dan Korsiktar Stimart Amni Semarang. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved