Hubungan Tak Direstui, Mahasiswa Asal Kudus Sebar Foto dan Video Vulgar ke Orangtua Sang Mantan

Seorang mahasiswa di Yogyakarta, ditangkap polisi karena menyebar foto dan video vulgar mantan kekasihnya melalui media sosial, Line dan Whatsapp

Hubungan Tak Direstui, Mahasiswa Asal Kudus Sebar Foto dan Video Vulgar ke Orangtua Sang Mantan
Kompas.com/Wismabrata
ilustrasi video vulgar 

TRIBUNJATENG.COM, SLEMAN - Seorang mahasiswa di Yogyakarta, ditangkap polisi karena menyebar foto dan video vulgar mantan kekasihnya melalui media sosial, aplikasi Line dan WhatsApp.

Mahasiswa berinisial JAZ (26) ditangkap oleh Ditreskrimsus Polda DIY pada 15 Juli 2019 lalu.

Kasubdit Cyber Ditreskrimsus Polda DIY AKBP Yulianto mengatakan pelaku melakukan hal tersebut lantaran sakit hati hubungannya tak direstui atau ditolak keluarga mantan kekasihnya yang menjadi korban.

Sebar Foto dan Video Vulgar Wanita, Pria Asal Kudus Ditangkap Polisi di Yogyakarta

"Selain menyebarkan foto dan video ke teman-temannya melalui aplikasi percakapan, pelaku juga mengirimnya ke orangtua korban," kata Yulianto di Kini Mapolda DIY, Senin (19/08/2019).

Orangtua korban berinisial BCH (24) pun langsung marah dan melaporkan aksi lelaki tersebut ke Polda DIY. Korban diketahui berasal Bengkulu.

Pelaku merupakan warga Kudus, Jawa Tengah.

Korban dan pelaku merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di DIY.

Setelah dilaporkan pada tanggal 9 Juli, kepolisian langsung bergerak cepat dengan menangkap pelaku.

Menurut Yulianto, ia ditangkap di kawasan UGM.

"Pelaku mengakui bahwa ia melakukan tersebut. Video dan foto ia rekam sejak awal berpacaran dengan korban dari 2017 silam," jelasnya.

Akibat perbuatannya tersebut, pelaku dikenal pidana berlapis.

Pertama adalah Pasal 45 ayat (1) UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pelaku terancam pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Kedua adalah Pasal 29 UU RI 44/2008 tentang Pornografi. Sebab pelaku menyebarkan foto dan video vulgar dirinya bersama korban, termasuk saat berhubungan badan.

"Ancaman pidana penjara paling singkat 6 bulan paling lama 12 tahun, denda paling sedikit Rp 250 juta dan paling banyak Rp 6 miliar," kata Yulianto. (Tribunjogja I Alexander Ermando)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Tidak Direstui Orangtua Pacar, Mahasiswa di Yogyakarta Sebarkan Foto dan Video Vulgar Sang Mantan

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved