Breaking News:

Walikota Salatiga Diharapkan Berani Pasang Papan BCB di Kantor Pegadaian

Jadi sebelum saya berkomentar mengenai pembongkaran bangunan cagar budaya yang masuk komplek kantor pegadaian Kota Salatiga.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: galih permadi
Walikota Salatiga Diharapkan Berani Pasang Papan BCB di Kantor Pegadaian
ISTIMEWA
Dr. Sunardi Mpd Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKSW Salatiga.

Dr. Sunardi Mpd Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKSW Salatiga.

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Jadi sebelum saya berkomentar mengenai pembongkaran bangunan cagar budaya yang masuk komplek kantor pegadaian Kota Salatiga.

Saya sampaikan lebih dulu kriteria bangunan cagar budaya (BCB) itu seperti apa agar jelas batasannya. Jadi yang dimaksud BCB itu bangunan berusia lebih dari 50 tahun, memiliki nilai sejarah baik lokal, regional, atau nasional.

Bisa jadi berupa peninggalan masa kolonial Belanda, memiliki nilai seni tinggi, memiliki nilai berdampak lokal, regional, nasional, dan seterusnya.

Kemudian pegadaian Kota Salatiga itu sendiri termasuk BCB ada di buku BCB Salatiga yang merupakan hasil kajian para dosen Pendidikan Sejarah UKSW bersama pemerhati sejarah di Salatiga. Sehingga apabila mereka bilang mereka (pegadaian) tidak tahu saya kurang yakin mereka tidak tahu.

Untuk mengantisipasi hal semacam itu bakal terulang saya meminta Walikota Salatiga harus berani mengambil keputusan untuk membuat papan yang bertuliskan BCB Salatiga.

Tentunya terlebih dahulu memberi tugas kepada tim ahli cagar budaya (TACB) Salatiga bersama unsur ahli dari Balai Cagar Budaya untuk membuat kajian setiap BCB yang ada di Salatiga.

TACB Salatiga pernah membuat kajian yang diajukan ke Walikota tetapi lama tidak segera ditetapkan sekira tahun 2018. Jadi kami juga selama ini pandangan akademisi bersama TACB yang ada kurang diperhatikan Pemkot. (ris)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved