Ganjar Ingin Ada Kampung Flinstone di Museum Purbakala Sangiran Sragen

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin ada kampung Flintstone dan taman semacam Jurassic Park di kompleks Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Ganjar Ingin Ada Kampung Flinstone di Museum Purbakala Sangiran Sragen
TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI
Hasil Rekonstruksi Wajah Manusia Purba Sangiran 17 Karya Pematung Asal Yogyakarta di Museum Manusia Purba Sangiran 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin ada kampung Flintstone dan taman semacam Jurassic Park di kompleks Museum Purbakala Sangiran, Kabupaten Sragen.

Dikutip dari Wikipedia, The Flintstones adalah serial animasi Amerika Serikat yang tayang tahun 1960 hingga 1966. Serial kartun ini diimunculkan pertama kali pada 30 September 1960 dengan mengambil slot penayangan di ABC. Kartun besutan Hanna-Barbera Productions ini tayang dalam kurun enam tahun, hingga 1 April 1966.

Ide kampung Flintstone dan taman semacam Jurassic Park, diungkapkan Ganjar dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur-Sangiran di aula Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Kalijambe, Sragen, Senin (19/8/2019) petang. 

Dua ide tersebut diharapkan Ganjar dapat membuat Sangiran bisa menarik wisatawan untuk datang ke Sangiran tidak hanya sekali.

"Sekarang saya tanya kenapa kita harus datang ke Museum Sangiran? Karena ada fosil manusia purba, lalu apa?" tanya Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur-Sangiran di aula Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Kalijambe, Sragen, Senin (19/8/2019) petang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur-Sangiran di aula Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Kalijambe, Sragen, Senin (19/8/2019) petang (ISTIMEWA)

Menurutnya, suatu tempat menarik untuk dikunjungi untuk kesekian kali karena ada beberapa sisi yang ada di tempat tersebut. Seperti dari sisi religi, kultur, tempat makan hingga kesenian.

Dengan adanya sisi lain di Sangiran diharapkan para wisatawan tidak hanya sekali mengunjungi Museum purbakala tersebut.

Ganjar mengaku tiap kali melihat Sangiran ia teringat film Flinstone dan Jurassic Park. Dari situlah ide membuat kampung Flinstone dan taman Jurassic Park muncul di benak Ganjar.

“Para pelajar bisa bermain mencari harta karun yang berupa sesuatu dan bila ketemu kemudian menjadi miliknya, juga bisa ada kampung Flinstone lengkap dengan pakaiannya. Jika ingin berfoto bisa sewa, kan asik kalo begitu,” kata Ganjar.

Ganjar menyampaikan memang perlu ide liar untuk mencapai sesuatu yang bagus.

Walaupun Flinstone tidak dari Indonesia, tetapi hal tersebut dapat menjadi daya tarik baru dan tetap mengangkat kearifan lokal.

Hal tersebut disampaikan Ganjar, agar para peserta rakor yang berasal dari perwakilan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Pemkab Magelang, Pemkab Sragen, dan Pemkab Karanganyar bisa terinsipirasi.

Ganjar juga menyampaikan perihal dana bisa difikirkan, yang terpenting ialah ide-ide yang bisa direalisasikan.

Rakor tersebut difasilitasi Kementerian Koordinator Kemaritiman.

Rapat itu juga dihadiri Deputi Bidang Kemaritiman Sekretariat Kabinet Agustina Murbaningsih dan sejumlah pejabat dari Kemenko Bidang Kemaritiman, serta Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwsiataan Badan Otoritas Borobudur (BOB) Bismas Jatmika. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved