Hari Ini, Mantan Kepala DKP Brebes Resmi Ditahan di Lapas Kedungpane Semarang

Kejari Kabupaten Brebes melakukan eksekusi penahanan terhadap mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Tandi Api (55).

Hari Ini, Mantan Kepala DKP Brebes Resmi Ditahan di Lapas Kedungpane Semarang
ISTIMEWA
Petugas Kejari Brebes membawa terdakwa mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Tandi Api (55), ke Lapas Kedungpane Semarang, Selasa (20/8/2019).

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Jaksa pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Brebes melakukan eksekusi penahanan terhadap mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Tandi Api (55), ke Lapas Kedungpane Semarang, Selasa (20/8/2019).

Ekskusi dilakukan setelah ada putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) atas kasus korupsi penyalahgunaan dan pemanfaatan bantuan alat berat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Tahun 2016.

"Hari ini (Selasa--red) kami eksekusi terhadap terdakwa Tandi Api ke Lapas Kedungpane Semarang."

"Itu sesuai amar putusan kasasi MA, yang menyatakan terdakwa Tandi Api terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Kasi Intelejen Kejari Brebes, Hardiansyah, saat ditemui di Kantor Kejari Brebes.

Dalam eksekusi tersebut, Hardiansyah menyebutkan, terdakwa Tandi Api datang sendiri diantar pihak keluarga ke Kejari Brebes.

Tidak ada upaya paksa yang dilakukan petugas sehingga proses eksekusi berjalan cepat.

"Tadi, terdakwa datang langsung ke Kejari diantar keluarganya. Kemudian, langsung kami bawa ke Lapas Kedungpane Semarang," tututnya.

Hardiansyah menyebutkan, dalam salinan putusan yang diterima, menyebutkan MA mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Brebes atas perkara tindak pidana korupsi dengan terdakwa Tandi Api.

Dalam putusan kasasi itu, lanjutnya, MA menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta.

Dengan ketentuan, apabila denda tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama enam bulan.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved