Hati-hati, Arumanis Berpewarna Tekstil Ditemukan di Pasar Malam Purbalingga

Orang tua sebaiknya ikut mengawasi aktivitas jajan anaknya agar terhindar dari risiko buruk dari jajanan tak sehat

Hati-hati, Arumanis Berpewarna Tekstil Ditemukan di Pasar Malam Purbalingga
Istimewa
Arumanis mengandung Rhodamin B ditemukan di pasar Makam Purbalingga 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Orang tua sebaiknya ikut mengawasi aktivitas jajan anaknya agar terhindar dari risiko buruk dari jajanan tak sehat. 

Berbagai produk jajanan dengan sasaran anak-anak membajiri pasaran. Umumnya, produk itu berwarna mencolok untuk memikat anak-anak agar mau membeli. 

Bahaya pun mengancam, sebab tidak semua pewarna yang digunakan akan bagi kesehatan. Belum kandungan berbahaya lain dalam makanan atau minumab itu. 

Anak-anak tentu tak menyadari ini. Sementara kesadaran dan pengetahuan orang tua akan hal ini pun masih rendah. 

Tim Jejaring Keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga menemukan jajanan anak yakni arumanis dalam cup yang mengandung Rhodamin B.

Rhodamin B adalah zat pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk industri tekstil. Makanan yang mengandung Rhodamin B ini ditemukan di Pasar Makam, Kecamatan Rembang, Selasa (20/8).

Anggota tim JKPT Purbalingga, Sugeng Santoso selaku Kasi Kefarmasian dan Alat Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga mengatakan produk serupa ini sebelumnya pernah dijumpai oleh Tim JKPT di Pasar Sinduraja.

Dari penemuan Rhodamin B pada Arumanis Cup ini, pihaknya akan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah agar tidak mengkonsumsi produk makanan tersebut.

“Kita akan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah apalagi biasanya jajanan seperti ini biasa ditemui di warung sekolah ataupun pedagang-pedagang yang berjualan di depan sekolah,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan berkoordinasi dengan para guru untuk dapat ikut serta mengedukasi siswa-siswanya akan bahaya penggunaan Rhodamin B pada makanan. 

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved