Ke Depan, Tiap Masjid di Demak Ada Unit Pengumpul Zakat, Bupati : Kelola Secara Produktif

Bupati Demak, M Natsir sangat apresiatif dengan adanya sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bagi pengurus masjid se-Kabupaten Demak

Ke Depan, Tiap Masjid di Demak Ada Unit Pengumpul Zakat, Bupati : Kelola Secara Produktif
IST
Sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bagi pengurus masjid se-Kabupaten Demak tahun 2019 di Pendopo Satya Bhakti Praja 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Bupati Demak, M Natsir sangat apresiatif dengan adanya sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bagi pengurus masjid se-Kabupaten Demak tahun 2019 yang berlangsung di Pendopo Satya Bhakti Praja, Selasa (20/8/2019).

Natsir berharap, semua pengurus masjid dapat meningkatkan pelayanan dalam pengumpulan zakat sehingga bisa memberikan kontribusi di masyarakat melalui pemberdayaan zakat yang amanah, transparan, serta dapat dipercaya.

Menurutnya, bila UPZ dapat dikelola secara profesional maka akan mampu berkembang, sehingga dapat mengatasi problematika sosial, utamanya dalam menyejahterakan rakyat, mengentaskan kemiskinan, serta banyak hal positif lain yang mampu dilakukan.

“Saya berharap, anggota UPZ terpilih nantinya mampu mengelola zakat secara produktif.

Selain itu juga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya zakat.

Sudah seharusnya para mustahiq diberikan pemahaman yang lebih terhadap hak-hak mereka.

Bahwa akan lebih bermanfaat jika zakat yang diterima bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk ketrampilan maupun modal usaha.

Ini harus dipahami, sehingga nantinya melalui pengumpulan zakat dapat benar-benar mengurangi angka kemiskinan di Demak,”  jelasnya dalam sebuah rilis yang dikirimkan Humas Pemkab Demak.

Ironis, Pelaku Pembunuhan NH Mayat Dalam Karung di Tegal Malah Tertawa Saat Rekonstruksi

Kombes Pol Ribut Jadi Dirkrimum Polda Kalteng, Tinggalkan PR Tabrak Lari Overpass Manahan Solo

Kapolda Jateng Sebut Hasil Investigasi Pemadaman Listrik Jabodetabek Akan Dirilis Bareskrim

Bidan Cantik Ini Jadi Anggota DPRD Banyumas Termuda, Sekali Daftar Langsung Terpilih

Sementara, Kabag Kesra Setda Demak, Anang Badrul Kamal, selaku penyelenggara berharap ada tindak lanjut dari kegiatan sosialisai pembentukan UPZ tersebut.

Dari 250 orang takmir masjid yang hadir mengikuti sosialisasi ini, lanjutnya, ia berharap akan ada 250 UPZ yang akan terbentuk di Demak.

Perlu diketahui, ada sekitar 700 masjid dan 4500 musala di Demak yang memiliki kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah.

“Kalau mulai hari ini terbentuk UPZ di lingkungan masjid masing-masing maka ada potensi besar pengumpulan dana di Masjid,” kata Anang.

Selain itu, Anang mengimbau agar semua masjid di Demak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved