Donny Yakin Pangsa Pasar Suzuki Naik, Penjualan Mobil Mulai Meningkat pada Juli

Penjualan mobil mulai membaik. Dari data Gaikindo yang diolah Astra mencatat penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) pada Juli 2019

Donny Yakin Pangsa Pasar Suzuki Naik, Penjualan Mobil Mulai Meningkat pada Juli
STANLY RAVEL
Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Penjualan mobil mulai membaik. Dari data Gaikindo yang diolah Astra mencatat penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) pada Juli 2019 meningkat dari bulan sebelumnya.

Penjualan wholesales pada Juli 2019 tercatat naik menjadi 89.110 unit, dari bulan sebelumnya sebanyak 59.539 unit.

Meski demikian, penjualan Januari-Juli 2019 sebesar 570.331 unit, turun dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar 661.247 unit. Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra mengatakan, penjualan pada Juli meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya karena faktor ekonomi dan pameran.

Seperti diketahui, pada Juli lalu digelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang menyedot perhatian masyarakat.

Produsen mobil, termasuk Suzuki juga banyak menawarkan program penjualan dan memamerkan model-model baru. Selain itu, penjualan pada Juni 2019 terhambat karena hari kerja yang pendek akibat terpotong libur Lebaran 2019.

"Bulan Juli awal yang baik untuk memulai semester II/2019 yang kami harapkan bisa lebih baik dibandingkan dengan kondisi pada semester I/2019," katanya, kepada Kontan, Selasa (20/8).

Donny menuturkan, penjualan secara nasional pada semester I/2019 menunjukan banyak penurunan karena faktor politik yang kurang stabil. Kondisi yang disebut 'anomali' itu dinilai selalu terjadi setiap adanya pemilu Presiden.

Hanya saja, menurut dia, dengan adanya kepastian hasil pemilu, konsumen mulai tidak menunggu dalam membeli kendaraan. Ditambah lagi kondisi ekonomi Indonesia yang masih stabil dan pembangunan infrastruktur yang berjalan baik menimbulkan multiplier effect ke perekonomian masyarakat, khususnya di daerah luar Jakarta.

"Buktinya penjualan kendaraan pikap kami naik. Saat ini hampir 60 persen penjualan Suzuki berasal dari pikap, dan sisanya kendaraan penumpang," jelasnya.

Meski penjualan nasional diprediksi turun, Donny optimistis pangsa pasar Suzuki bisa naik. Tahun ini, Suzuki menargetkan pangsa pasar naik menjadi 11 persen dari tahun lalu sebesar 10 persen.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved