Frey Senang Bisa Lihat Langsung Proses Pengolahan Kopi di Kabupaten Semarang

Sebanyak 23 siswa dari Sulawesi Utara yang menjadi peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mengunjungi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX

Frey Senang Bisa Lihat Langsung Proses Pengolahan Kopi di Kabupaten Semarang
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
23 siswa dari Sulawesi Utara yang menjadi peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mengunjungi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (20/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Sebanyak 23 siswa dari Sulawesi Utara yang menjadi peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mengunjungi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (20/8/2019).

Para siswa tersebut merupakan pelajar SMA/SMK/SMALB dari Sulawesi Utara yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN), sebuah program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019.

Pada acara hari ini, mereka berkunjung ke Pabrik Kopi Banaran dan Museum Kopi yang berada di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.

Frey Dika (16), pelajar SMA Negeri 1 Tamako, Sulawesi Utara yang mengikuti SMN mengaku senang bisa mengikuti kegiatan kunjungan ke PTPN IX, Pabrik Kopi Banaran dan Museum Kopi.

Kunjungan pertamanya ke sejumlah lokasi yang berbeda di Jawa Tengah dan sekitarnya memberikan pengalaman yang berbeda dari aktivitasnya sehari-hari sebagai pelajar.

Situasi Mimika Sudah Terkendal, Polisi Pukul Mundur Demonstran

Dijamin Ampuh! Ini 5 Cara Mudah Mengusir Semut Membandel di Rumah

Sherly Annavita : Bintang ILC Bukan Rocky Gerung, Cek Postingan Terbarunya

Aksi Damai Berujung Memanas, Gedung DPRD Mimika Papua Dilempari Batu

Selain itu, ia pun berkesempatan mengenal beragam budaya baru yang membuatnya terkesan.

"Saya bisa melihat langsung proses pembuatan kopi mulai dari pengolahan biji kopi yang masih basah hingga menjadi kopi yang siap untuk dinikmati," kata dia

Dalam agenda kegiatannya, para siswa-siswi tersebut mendapatkan paparan tentang PTPN IX.

Mereka juga diajak untuk melihat proses produksi kopi mulai dari pengolahan biji kopi sampai dengan hasil akhirnya yakni bubuk kopi yang siap dipasarkan.

Sementara itu, Zeftameti (30), Guru Pendamping SMN dari Sulawesi Utara menyatakan kegiatan SMN memiliki banyak manfaat bagi siswa-siswi ke depannya.

“Selain para siswa-siswi mendapatkan infomasi dan pengetahuan tentang tanaman kopi dan minuman kopi, mereka juga mengenal budaya dan kekayaan alam di luar Sulawesi Utawa.

Mereka berkesempatan mengenal kebudayaan dan kekayaan alam di Jawa Tengah,” ujarnya

Program SMN merupakan kegiatan dari BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019 yang berlangsung selama delapan hari.

Pesertanya berasal dari para siswa hasil seleksi di daerah asal. Adapun, kegiatan SMN tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada para siswa peserta.

Pada BHUN 2019, PT Angkasa Pura I ditetapkan sebagai PIC pelaksana kegiatan BHUN di Jawa Tengah bersama BUMN lainnya sebagai Co-PIC, yakni PTPN IX, PTPN X, dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW). (arh)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved