OPINI Manggala PW : Sistem JKN Keuntungan atau Hambatan bagi Pelayanan Kesehatan Maternal?

​Disruption atau suatu perubahan yang fundamental cukup banyak terjadisaat inidengan dampak yang cukup signifikan

OPINI Manggala PW : Sistem JKN Keuntungan atau Hambatan bagi Pelayanan Kesehatan Maternal?
Bram Kusuma
Manggala Pasca 

Oleh Manggala Pasca Wardhana, dr., SpOG (K)

Staf pengajar Divisi Kedokteran Fetomaternal, Departemen Obstetri Ginekologi,Fakultas Kedokteran Unair,RSUD Dr. Soetomo – RS Unair,

Ketua pokja JKN Pengurus Pusat Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia

​Disruption atau suatu perubahan yang fundamental cukup banyak terjadisaat inidengan dampak yang cukup signifikan. Rupanya disrupsi ini juga kita rasakan di dunia kesehatan melalui hadirnyasistem JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

Adanya pengeluaran yang tidak terduga apabila seseorang terkena penyakit yang terkadang memerlukan biaya tinggi dan mengganggu potensi pendapatan untuk kehidupannyadapat menimbulkan istilah “SADIKIN” sakit hingga menjadi miskin.Dengan diberlakukannya sistem JKN ini diharapkan seluruh pesertanya mendapatkan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatannya.

Tujuanyang baik ini disambut juga dengan baik, terbukti dengan meningkatnya fasilitas kesehatan yang bekerjasamadengan BPJSsebagai badan penyelenggaranya,serta antusiasme masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

Namun dalam perjalanannya mulai timbul beberapa permasalahan didalam pelaksanaannya yang akhir – akhir ini sedangviralyaitu defisit keuangan BPJS yang berdampak pada pembayaran ke fasilitas kesehatan yang tentunya dapat mempengaruhi upaya pelayanan kesehatan yang optimal.

Marilah kita mencoba beralih untuk melihatdari sisipelayanan kesehatan maternal di era disrupsi JKN ini.Dengan meningkatnya kepesertaan BPJS dan dapat terlayaninya semua jenis pelayanan kesehatan maternal (kecuali infertilitas / gangguan kesuburan)tentunyadari sisi pengguna layanan kesehatan atau pasienakansangat terbantu denganadanyasistem ini.Selain kemudahan akses ini, harapan masyarakat terhadap kualitaspelayanan juga sangatdiinginkan.

Jangan khawatir, kualitas pelayanan juga sangat didambakan olehpemberi layanan kesehatankarena tentunyapatient safetyselalu menjadi keutamaan bagifasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.Nah, menarik untuk kita lihat lebih dalam lagi bagaimana mekanisme pembiayaan maternal dari BPJS ke fasilitas kesehatan di sistem JKN ini untuk dapat memperkirakanbagaimanaluaran kualitas pelayanan kesehatan yang dihasilkan.

Perubahan signifikansistem pembiayaan layanan kesehatan di era JKN ini adalah model pembiayaanprospective paymentatau sistem paketmenggantikan modelretrospective paymentatau dikenal denganfee for service.Pada sistemprospective, setiap pembayaran ada paket – paketnya tersendiri yang merupakan gabungan dari beberapa pelayanan di dalamnya.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved