Tiga Anggota DPRD Brebes Terpilih Periode 2019-2024 Tak Ikuti Pelantikan

Anggota DPRD Kabupaten Brebes periode 2019-2024 secara resmi dilantik dalam sidang paripurna di Gedung Paripurna DPRD Brebes, Rabu (21/8/2019).

Tiga Anggota DPRD Brebes Terpilih Periode 2019-2024 Tak Ikuti Pelantikan
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Ketua PN Brebes mengambil sumpah pelantikan anggota DPRD Brebes periode 2019-2024 di gedung paripurna DPRD Brebes, Rabu (21/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Anggota DPRD Kabupaten Brebes periode 2019-2024 secara resmi dilantik dalam sidang paripurna di Gedung Paripurna DPRD Brebes, Rabu (21/8/2019).

Dari total 50 anggota terpilih, pelantikan hanya diikuti 47 orang saja.

Ketiga anggota DPRD terpilih yang tidak ikut dilantik tersebut adalah, Teguh Wahid Turmudi dari Partai Golkar, Nuridin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Zubad Fahilatah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sekretaris DPRD Kabupaten Brebes, Komar mengatakan, ketidakhadiran ketiga anggota DPRD terpilih dikarenakan sedang melaksanakan ibadah haji dan sedang tugas partai.

"Yang sedang haji yakni Teguh Wahid Turmudi (Golkar), Nuridin dari PPP. Sedangkan seorang lagi, tidak ikut dilantik karena ada tugas partai," kata Komar, usai pelantikan.

Komar menyampaikan, bagi anggota DPRD terpilih yang tidak ikut dilantik saat ini, nantinya akan ada pelantikan susulan.

"Ketiga anggota DPRD yang tidak hadir ini akan dilantik pada pelantikan susulan," jelasnya.

Sementara itu dalam proses pelantikan dihadiri ribuan orang. Mereka berasal dari keluarga anggota DPRD dan pendukungnya.

Para pendukung anggota DPRD terpilih tersebut ikut mengantarkan hingga ke gedung wakil rakyat. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji, dilakukan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Edi Saputra Pelawi.

Prosesi pelantikan sempat molor karena menunggu seorang anggota DPRD terpilih yang datang terlambat. Meski demikian, proses pelantikan akhirnya berjalan lancar.

Komar menuturkan, pelantikan anggota DPRD dilaksanakan menyusul telah turunnya surat keputusan Gubernur Jawa Tengah, bernomor 170/65 tahun 2019, tentang Peresmian dan Pemberhentian anggota DPRD Brebes periode 2O14-20019.

Dalam sidang paripurna pelantikan anggota DPRD itu, ditetapkan juga Muhammad Rizky Ubaidillah dari PDIP selaku Ketua DPRD sementara dan Ahmad Zamroni dari PKB selaku Wakil Ketua DPRD sementara.

"Ketua dan Wakil Ketua DPRD sementara ini mempunyai tugas memimpin sidang selama belum terbentuk pimpinan DPRD secara definitif. Mereka juga bertugas melaksanakan pembentukan pimpinan DPRD devinitif," tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kedua orang pimpinan DPRD sementara itu dipilih sesuai dari surat masing-masing partai yang diterima Sekretariat DPRD.

Sebab, kedua partai itu mempunyai jumlah kursi terbanyak dalam DPRD sehingga berhak mengusulkan pimpinan DRPD. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved